JAKARTA, Spirit – Paska mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), tiga bakal pasangan calon (bapaslon) Pilkada Karawang 2020, mulai ikuti pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkat Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Selasa – Rabu (8 – 9/9/2020).



Ketua KPU Kabupaten Karawang, Miftah Farid mengatakan, tiga bapaslon sudah di Jakarta dari kemarin. Selanjutnya, langsung menjalankan persiapan pemeriksaan kesehatan dari pihak RSPAD Gatot Soebroto.

“Dari semalam ketiga bapaslon langsung puasa. Karena besoknya menjalani pemeriksaan kesehatan fisik,” katanya kepada awak media.

Informasi yang dihimpun, di hari pertama tiga bapaslon akan mengikuti pemeriksaan meliputi penyakit dalam, bedah, THT, gigi, mata (opthalmoscope, refracting, kamprimetri) jantung, paru, saraf, kebidanan (fisik + neurobehavior) psikiatri (fisik + papsmear).

Dilanjutkan pemeriksaan penunjang meliputi foto thorax, USG abdomen, USG Transvaginal, USG Carotis, Spirometri, Audiometri, Treadmil, Echo Cardigrafi, MMPI + wawancara. Dan terakhir pemeriksaan Narkoba yang mencakup 6 parameter.

“Di hari pertama pemeriksaan sampai dengan pukul 16.00 Wib. Selanjutnya di hari kedua pemeriksaan psikologi,” ujarnya.

Ditambahkan, hasil pemeriksaan kesehatan untuk tiga bapaslon Pilkada Karawang 2020 tersebut akan dikabarkan secepatnya oleh pihak RSPAD Gatot Soebroto.

“Informasi dari RSPAD Gatot Soebroto paling cepat hasil pemeriksaan kesehatan tanggal 9 September 2020,” jelasnya.

Untuk diketahui, penetapan RSPAD Gatot Soebroto sebagai tempat pemeriksaan kesehatan berdasarkan rekomendasi IDI Karawang.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang sudah menutup pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Karawang di Pilkada 2020, Minggu (6/9) pukul 24.00 Wib. Ada tiga bapaslon yang mendaftar ke KPU Kabupaten Karawang, yaitu Cellica Nurrachadiana – Aep Syaepuloh, Yesi Karya Lianti – Ahmad Adly Fayruz, dan Ahmad Zamakhsyari – Yusni Rinzani. (ist/dar)