Terkait kritik ketua DPRD terhadap panwas

KARAWANG, Spirit



Ungkapan ketua DPRD Karawang, melalui media online beberapa hari lalu, mengenai peran KPUD dan Panwaslu Kabupaten Karawang yang dianggapnya kurang maksimal, kini mendapat tanggapan serius dari Panwaslu Kabupaten Karawang. Pasalnya ungkapan yang dilontarkan wakil rakyat dari PDIP Kabupaten Karawang itu tidak berdasar.

“Ketua Toto Suripto seharusnya, sebelum memberikan komentar yang berkaitan dengan peran fungsi Panwas, baca dulu aturannya, jangan asal ngomong,” ujar ketua Panwaslu Kabupaten Karawang Syarif Hidayat saat ditemui dikantornya, Selasa (13/3).


Ketua Panwaslu Karawang, Syarif Hidayat

Lebih lanjut Syarif menjelaskan, berkaitan dengan tugas panwas dalam tahapan kampanye termaktub dalam Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan gubernur dan wakil gubernur, Bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota serta turunannya di Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) nomor 12 tahun 2017 tentang pengawasan kampanye.

” Dalam aturan tersebut menjelaskan bahwa fungsi panwas hanya mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilu saja, tidak ada keterkaitan secara teknis dari penyelenggaraan tahapan pemilu. Jika pak Toto menyinggung berkaitan dengan pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) ditujukan ke Panwas, itu salah besar. Dijelaskan dalam Peraturan KPU (PKPU) nomor 4 tahun 2017 tentang tahapan kampanye pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota, bahwa yang mengatur berkaitan dengan pemasangan APK calon adalah KPUD dan dibiayai oleh pemerintah daerah. Jadi pak Toto itu ngelantur,” pungkasnya. (bal)