KARAWANG, Spirit – Jelang akhir tahun anggaran 2019, Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari (Kang Jimmy) mulai melakukan evaluasi terhadap program pembangunan Rulahu (Rumah Layak Huni) yang dikerjakan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Karawang.



Wabup Jimmy melihat langsung pembangunan Rulahu milik Mak Iyem (75) di RT 03/07 dan Rulahu Ibu Iis di RT 02/05 di Kp. Jatirasa Kelurahan Karawang Wetan Kecamatan Karawang Timur. Didampingi beberapa pejabat PRKP dan Lurah Karawang Wetan, Kamis (19/9/2019).

Dalam dialog yang terjadi dengan pejabat PRKP, Wabup Jimmy menginginkan dua hal dalam program Rulahu, yaitu peningkatan kualitas Rulahu di 2020 dan menyelesaikan target program Rulahu sesuai RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah).

Mengenai peningkatan kualitas Rulahu, Wabup Jimmy menginginkan pembangunan Rulahu di 2019 itu beralas keramik, memiliki saluran air bawah tanah dengan fasilitas MCK, sampai dengan penembokan, pengacian dan pengecatan dinding Rulahu. Oleh karenanya, Wabup menegaskan kepada para pejabat PRKP, agar menghitung ulang Rancangan Anggaran Biaya (RAB) program Rulahu lebih detail.

“Coba akang buatin beberapa pilihan anggaran (RAB), yang sederhana bagaimana yang lengkap bagaimana. Yang pasti semakin ke sini pembangunan Rulahu kan semakin berkurang, karena beberapa sudah selesai. Jangan sampai pemborong yang ngerjainnya juga rugi. Kasian mereka, kalau untungnya cuma 4 juta doang, kan cape,” tutur Wabup Jimmy kepada pejabat PRKP, saat melihat pembangunan Rulahu milik Mak Iyem.

Sementara itu, Kepala Bidang Perumahan Dinas PRKP Karawang, Baehaqi, menjelaskan, untuk satu unit Rulahu dianggarkan maksimal di angka Rp 41 juta. Sampai saat ini sudah selesai 1.230 pembangunan Rulahu. Sementara untuk 2019, sudah terbangunkan 4.200 unit Rulahu.

“Hampir 82 persen, sisanya sekitar 2.200 unit. Estimasi kemarin 600 di perubahan (anggaran perubahan), sisanya 1.200 unit di anggaran murni 2020. Jadi RPJMD selesai, bahkan bisa melebihi kalau nanti di perubahan 2019 juga ada,” terang Baehaqi, yang langsung dijawab Wabup Jimmy bahwa terget Rulahu di anggaran perubahan 2019 tidak bakal terkejar.

Di lokasi, Wabup Jimmy juga berdialog langsung dengan Mak Iyem. Wabup menjelaskan, jika Rulahu yang sedang dibangun merupakan program dari Pemkab Karawang. Wabup Jimmy juga meminta doa kepada Mak Iyem, agar pemerintahan saat ini bisa menjadi pemerintahan yang adil.

Selesai berdialog, Wabup Jimmy langsung memberikan sedikit sedekah kepada Mak Iyem dan keluarganya.

“Doakeun nya Mak sing sarehat (doakan ya mak supaya terus sehat). Ini hanya sedikit sodakoh dari saya,” kata Wabup Jimmy kepada Mak Iyem.

“Hatur nuhun pak, hatur nuhun (terima kasih pak, terima kasih),” singkat Mak Iyem, yang tangannya langsung dicium oleh Wabup Jimmy. (rls/dar)