KARAWANG, Spirit – Masyarakat Desa Payungsari, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang, terutama kalangan petani penggarap memberikan respon positif pada realisasi kegiatan peningkatan saluran air tersier menuju lahan sawah yang sedang dikerjakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Karawang belum lama ini.

Apalagi, hasil monitoring dari sejumlah elemen masyarakat bersama instansi terkait proses pelaksanaan pembangunan secara teknis diakui cukup memuaskan bagi kalangan petani sebagai peneriman manfaat.

Sekertaris Desa Payungsari, Bisri, mengatakan realisasi kegiatan pembangunan peningkatan saluran air menuju areal lahan sawah di Desa Payungsari, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang. diakui telah cukup lama dinantikan oleh para petani maupun pemillik lahan sawah. Mengingat , sambung Dia, sebagian besar masyarakat yang berprofesi sebagai petani di wilayah Desa Payumgsari ,Kecamatan Pedes, bergantung pada kondisi saluran yang mengalirkan pasokan air untuk kebutuhan produksi di masa tanam.

“Setelah sekian lama diusulkan oleh para petani melalui pemerintah desa, alhamdulillah akhirnya tahun ini saluran tersier yang mengalirkan pasokan air dari saluran sekunder menuju lahan sawah mulai tersentuh pembangunan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Karawang. Maka dari ini masyarakat khususnya para petani penggarap maupun pemilik lahan sawah memberikan komentar positif pada kegiatan peningkatan saluran air oleh Distan Karawang,” ungkapnya.

Secara teknis, sambung Dia, Pemerintah Desa Payungsari, telah menerima tembusan secara lisan melalui sejumlah masyarakat petani penggarap yang langsung terjun menuju ke titik lokasi kegiatan pembangunan saluran air tersier di sekitar areal lahan sawah untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi program kerja Dinas Pertanian Kabupaten Karawang.

“Kalau tanggapan publik ada sedikit perbedaan itu sudah biasa antara pro dan kotra. Khusus tanggapan dari kalangan petani rata-rata berkomentar positif pada kegiatan pembangunan yang sedang dikerjakan oleh para pekerja bersama Dinas Pertanian Kabupaten Karawang,” jelasnya.

Sejauh ini, lanjut Dia, terutama bagi para petani penggarap berikut pemilik lahan garapan memang mengakui cukup puas terhadap proses pelaksanaan pembangunan saluran air yang sedang dikerjakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Karawang di area lahan sawah Desa Payungsari. Meskipun, hingga berita ini dilansir belum ada keterangan resmi dari kepala UPTD Pertanian Kecamatan Pedes terkait hasil mobitiring dan evaluasi kegiatan pembangunan saluran air tersier menuju area lahan sawah di wilayah desanya. (ist/dar)