KARAWANG – Bidang Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang menggelar bimbingan teknis (bimtek) cabang olahraga (cabor) pencak silat dan karate di Rumah Makan Indo Alam Sari Karawang, Kamis (27/5/2021). Kegiatan digelar sebagai persiapan jelang penyelenggaraan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) SD dan SMP tingkat Kabupaten Karawang 2021.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Karawang, Jaeni, melalui Kasi Olahraga, Heri Suryana, mengatakan, KOSN 2021 akan berbeda dari gelaran sebelumnya, hajatan olahraga antar siswa kali ini akan digelar secara virtual dan hanya mempertandingkan dua cabang olahraga (cabor) yaitu pencak silat dan karate.

“Ya, tahun ini KOSN tingkat Kabupaten Karawang akan kembali digelar setelah pada 2020 ditiadakan. Akan tetapi, karena masih dalam kondisi pandemi covid-19 maka jumlah cabor yang dipertandingkan hanya dua setelah ditiadakannya sepakbola mini, renang, bulutangkis, dan tenis meja,” ujar Heri, di sela kegiatan bimtek cabor pencak silat dan karate, Kamis (27/5/2021).

Dipertandingkannya cabor pencak silat dan karate dalam KOSN 2021, jelas Heri, menyusul disetujuinya kedua cabor tersebut oleh Dispora Provinsi Jawa Barat. Pasalnya, baik pencak silat maupun karate bisa digelar secara virtual dengan mempertandingkan kategori seni.

“Insyaallah KOSN tingkat Kabupaten Karawang akan kami gelar pada akhir Juni 2021. Nantinya kami akan menjaring atlet pelajar terbaik peraih juara satu kategori putra dan putri (SD dan SMP) yang akan dikirimkan mewakili Karawang ke tingkat Provinsi Jawa Barat,” ucapnya.

“Agar pelaksanaan KOSN nanti bisa berjalan lancar, hari ini kami menggelar bimtek yang diikuti perwakilan Korwilcambidik (SD) dan Komisariat (SMP). Narasumber bimtek yaitu wasit, juri dan pelatih dari Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Karawang,” katanya menambahkan. (dea)