KARAWANG, Spirit – Dalam upaya mencegah penularan COVID-19, pengelola Pasar Johar Karawang, PT Senjaya Rejeki Mas kembali memvaksinasi ratusan pedagangnya, Sabtu (12/08/21).

General Manager (GM) PT Senjaya Rezeki Mas (SRM), Novit Muhendar mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Konsorsium para pengusaha yang mengatasnamakan diri sebagai KPED Provinsi Jawa Barat, dan dimotori oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang, menyelenggarakan vaksinasi terhadap ratusan pedagang di pasar Johar, dalam rangka mencegah penularan COVID-19.

“Kita pengelola pasar johar mendapat bantuan Vaksin silih tulungan dari Dinas Koperasi dan UMK yang bekerjasama dengan KPED Provinsi Jawa Barat,” ujar Novit Muhendar Kepada awak media dikantornya, Sabtu (12/08/21).

Lebih lanjut Novit menyebut vaksinasi kepada para pedagang ini yang ke dua kalinya, setelah sebelumnya sebanyak 100 pedagang di vaksin oleh Puskesmas Adiarsa.

“Target vaksinasi pedagang sebanyak kurang lebih 600 pedagang, sebelumnya kita sudah vaksinasi sekitar 100 pedagang, hari ini kita vaksinasi lebih dari 300 pedagang,” ungkapnya.

Karena tingkat antusias pedagang sangat tinggi, kata Novit, adapun skema pemberian vaksin kepada mereka dibagi menjadi dua gelombang.

“Gelombang pertama dimulai pada pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 itu untuk Blok A, Blok JS dan Blok BC sedangkan untuk gelombang dua dimulai pada pukul 13.00 sampai pukul 15.00 itu untuk Blok Ikan Asin, Blok hanggar beras, Blok Ayam dan Blok D. Ada jeda waktu dari pukul 12.00 sampai 13.00 kita gunakan untuk istirahat serta melakukan sterilisasi tempat dengan penyemprotan Disinfektan,” katanya.

Berkaitan dengan masa penerapan PPKM darurat di Kabupaten Karawang, Novit pun menyambutnya dengan telah melakukan PPKM di Pasar Johar.

“Sesuai dengan arahan dan ketentuan yang dibuat pemerintah, dimasa penerapan PPKM darurat, kami pun sudah melaksanakan PPKM di Pasar ini,” tandasnya.

Masih ditempat yang sama Kasi Keanggotaan dan Penerapan Peraturan, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang, Yeni Maryani, sebagai promotor Vaksin Silih Tulungan mengatakan, Pasar Johar menjadi salah satu titik sasaran program vaksinasi Silih Tulungan.

“Ini adalah program KPED Provinsi Jawa Barat yang didalamnya ada HIPMI, Apindo dan Kadin yang bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Dinas Kelautan, Dinas Pertanian terkait realisasi dari pemberian program vaksin Silih Tulungan, dan Pasar Johar merupakan target ke tiga dari target semuanya adalah 4 titik di Karawang,” katanya. (bal)