KARAWANG, Spirit – Pemkab Karawang luncurkan Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang berasal dari APBD untuk masyarakat Kabupaten Karawang terdampak Covid-19. Sebanyak 50.161 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bakal terima Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp.300 ribu melalui PT. Pos Indonesia, Selasa (19/5/2020).



“JPS tunai hari ini akan disalurkan di sejumlah kecamatan antara lain Kecamatan Jatisari (1000 KRTS), Klari (1000 KRTS), Karawang Barat (1000 KRTS), Karawang Timur (1000 KRTS), Telukjambe Barat (600 KRTS), Cikampek (500 KRTS),” kata Sekda Karawang, H. Acep Jamhuri saat berikan sambutan di acara launching bantuan tunai jaring pengamanan sosial dan bantuan ASN serta CSR perusahaan BUMN/BUMD Peduli Covid-19 Kabupaten Karawang di Halaman Plaza Pemda Karawang.

Selain JPS uang tunai, lanjut pria yang karib disapa Kang Ajam tersebut, Pemkab juga berikan bantuan lain dengan menggunakan anggaran hasil sumbangan para ASN lingkungan Pemkab Karawang (ASN Peduli) sebesar Rp. 1.191.292.250. Bantuan ASN Peduli ini diganti dengan beras 105 ton di tahap pertama.

Pada saat itu juga Pemkab salurkan bantuan yang berasal dari dana Coorporate Social Responsibilty (CSR) Bank BJB berbentuk 2000 paket sembako, beras 16,8 ton beras dari KIIC, bantuan PT P&G Operation Indonesia 4 ton beras, makanan siap saji, masker dan APD serta bantuan dari DKM Resinda.

Sementara itu, Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana dalam arahannya mengatakan, Covid-19 ini sangat berdampak bagi sisi kehidupan juga perekonomian masyarakat. Sehingga pemerintah pusat maupun daerah memprogramkan JPS termasuk Kabupaten Karawang.

“Bantuan akan disalurkan dan diupayakan selesai sampai sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri,” ungkap Bupati.

Selain itu Beras dari perusahaan-perusahaan yang terkumpul melalui Gugus Tugas Penanganan Covid terkumpul sebanyak 2.1 ton dan dibagikan untuk 30 Kecamatan di Kabupaten Karawang. (ist/dar)

Rillis: Diskominfo Karawang