KARAWANG, Spirit – Setelah sekian lama menumpang di SDN Telukbango IV dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajarnya, akhirnya Sekolah Luar Biasa (SLB) B-C Cahaya Bangsa, Kecamatan Batujaya bakal miliki gedung sendiri. Melalui kegiatan bhakti sosial dalam rangka peringatan hari Bhayangkara ke 74, Kapolres Karawang, AKBP Arif Rahman Arifin gandeng Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana ulurkan tangannya bantu bangun gedung SLB Cahaya Bangsa.



Berlokasi di Desa Karyabakti, Kecamatan Batujaya, Kapolres bersama Bupati Karawang lakukan peletakan batu pertama sebagai simbol dimulainya pembangunan gedung SLB yang menampung siswa berkebutuhan khusus seperti Tunagrahita (keterbelakangan mental), Down Syndrome (kelainan genetik), Difabel (keterbatasan diri), Tunarungu (gangguan pendengaran), dan Tunawicara (bisu), dari lima kecamatan di utara Karawang, Jumat (26/6/2020).

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, mengatakan bahwa kewenangan dan kebijakan SLB ada di Provinsi sehingga Pemkab Karawang hanya akan berusaha mendorong pembangunan gedung SLB Cahaya Bangsa ini ke Pemerintah Provinsi. Namun begitu, Pemkab Karawang sebelumnya melalui Dinas Sosial telah memberikan bantuan ke sekolah tersebut, berupa sejumlah alat bantu dengar, dan kursi roda.

“Hari ini Kapolres mengajak kita semua untuk bahu membahu membangun SLB Cahaya Bangsa ini, diatas lahan wakaf dari keluarga ibu Hj. Warsih seluas 285 meter dengan semangat gotong royong kita buktikan, kita bisa. Setelah jadi kemudian Pemkab akan kirim prosposal ke Pemprov karena perlu perluasan,” kata Cellica.

Bupati juga mengapresiasi para tenaga pengajar dan pengurus SLB Cahaya Bangsa yang telah ikhlas mengajar dan bergerak tanpa berharap bayaran, yang menurutnya anak-anak yang berkebutuhan khusus ini membutuhkan perlakuan khusus dan tehnik mengajar yang khusus juga.

“Berharap SLB Cahaya Bangsa dapat mengakomodir seluruh anak yang memiliki kebutuhan khusus di wilayahnya akan pendidikan, karena mereka juga memiliki hak yang sama dengan anak-anak lain yang seusianya, dan saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran SLB Cahaya Bangsa,” pungkas Bupati.

Sebelum peletakkan batu pertama, Bupati dan Kapolres beserta rombongan juga memberikan 200 paket sembako dan alat keperluan belajar bagi siswa SLB Cahaya Bangsa.

Sementara, Kepala Sekolah SLB Cahaya Bangsa, Abdul Rojak mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Kapolres yang berkenan membantu membangun gedung SLB Cahaya Bangsa ini. (ist/dar)

Rillis: Diskominfo Karawang