KARAWANG, Spirit – 2 sampai 3 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan diusung oleh partai politik, dalam Pilkada Karawang 2020 yang akan segera digelar, Hal tersebut adalah prediksi mantan Ketua KPUD Karawang dua periode, Emay Ahmad Maehi, Jumat (27/9/2019).



Hal tersebut pun, menurut pria yang akrab disapa Kang Emay, disebabkan kondisi politik saat ini di Kabupaten Karawang yang telah terpolarisasi kepada dua nama pimpinan di kabupaten Karawang yang menurutnya juga akan secara terpisah mencalonkan diri sebagai Bupati Karawang yang akan datang, meski dinamikanya bisa terus berubah.

“Karena sampai saat ini baru muncul dua nama figure yang keduanya pemegang tampuk kekuasaan politik di Karawang, yaitu Cellica Nurrachadiana dan Ahmad “Jimmy” Zamakhsyari, dan diperkirakan keadaanya akan masih seperti Pilkada yang lalu,” paparnya.

Masih menurutnya, selain dua figure tersebut, juga tidak menutup kemungkinan pula muncul kekuatan ketiga.

“Nah kekuatan ketiga ini lebih sebagai pelengkap tetapi bukan berarti tanpa potensi, karena kekuatan ketiga ini mampu atau tidak mengimbangi eksistensi kedua calon petahana tadi, kita lihat saja nanti dalam kalkulasi koalisi yang akan segera kita lihat bersama,” katanya.

Tentang calon independen ia pun merasa ragu akan ada yang terus mencalonkan diri pada Pilkada Karawang 2020 mendatang.

“Kalau boleh saya katakan untuk calon independen masih akan ada secara hukum atau aturan, tetapi akan menjadi berat untuk mendapatkan dukungan dengan peraturan saat ini,” tegasnya.

Iapun berharap, seluruh kontestan dan para simpatisannya untuk bisa menjaga nilai-nilai moral dalam berpolitik dengan tidak menjadikan politik uang bisa berkembang dengan masif dalam Pilkada Karawang 2020 mendatang. (dar)