KARAWANG, Spirit – Bagi anda yang ingin melangsungkan pesta pernikahan tapi bingung dengan tempat, jangan khawatir kini telah hadir Gedung Serbaguna “Rumah Joglo”. Berlokasi di jalan Tugu Proklamasi (tanah merah) Rengasdengklok Kabupaten Karawang.



Dengan budget sewa senilai Rp 5 juta, anda bisa melangsungkan resepsi pernikahan, dengan fasilitas outdoor bertema klasik dan alam, seperti gazebo, air mancur, taman, dan ikan terapi.

Pemilik rumah joglo, H. Titut Hartadi mengatakan rumah joglo didesain dengan nuansa klasik termasuk penginapan Syar’i didalamnya dengan berbagai fasilitas yang dikhususkan bagi pasangan suami istri.

“Rumah Joglo berdiri sejak tahun 2016, berawal dari rumah makan Sauqi, karena mulai banyak pengunjung yang datang, sehingga kita perluas ke belakang dengan konsep lesehan,”ucap Titut kepada awak media, Minggu (9/8/2020).


Dikatakannya, konsep untuk resepsi pernikahan sendiri dari masyarakat, karena kebanyakan rumah masyarakat disini sangat padat sehingga untuk mengadakan resepsi pernikahan mengalami kendala tempat atau lahan.

“Kami punya ide mengembangkan rumah makan Sauqi ini menjadi tempat resepsi pernikahan tapi dengan manajamen yang berbeda, antara managemen Rumah makan Sauqi dan Rumah Joglo. Dan kami menyediakan juga catheringnya,” ucapnya.

Lanjut Titut, fasilitasnya ada outdoor, ada indoor. Ada taman, berikut lesehan-lesehan, gazebo, ikan terapi, free Wifi, tempat parkir yang luas, yang semuanya dengan nuansa alam.

“Karena ada yang memerlukan tempat singgah sementara. Kalau ada yang nyewa dari jauh biasanya pengantin laki laki itu perlu tempat tinggal, kita siapkan untuk tempat istirahat,” ucapnya.

Masih kata Titut, rumah Joglo ini juga digunakan untuk kegiatan keagamaan, seperti hari-hari kemrin ada kegiatan Kemenag, pembekalan kaligrafi bertingkat nasional kegiatan yang sifatnya keagamaan.

“Terapi ikan, kita memakai ikan nilam. Pertama karena banyak pengunjung rumah makan yang usianya sudah sepuh perlu ada terapi ikan, dan sifatnya itu hanya fasilitas saja jadi free,” tuturnya.

Harapannya, rumah Joglo ini bisa membantu masyarakat dalam mengatasi permasalahan kalau ada hajatan yang terbatas. Rumah Joglo memberikan pelayanan untuk mengatasi masalah tadi untuk proses resepsi.

“Untuk bisa digunakan kegiatan keagamaan, misalkan anak TK, Manasik, Jemaah haji, jemaah umroh, juga acara lainnya pesta ulang tahun, reuni, perpisahan, arisan keluarga. Kita melayani memanfaatkan fasilitas untuk bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. (ist/dar)