KARAWANG, Spirit – Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Dasar (PONED) pada UPTD Puskesmas Rengasdengklok, terpaksa ditutup sementara. Pasalnya Tiga orang bidan petugas PONED Puskemas Rengasdengklok terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Puskesmas Rengasdengklok dr. Cucu Siti Minfallah mengatakan ada tiga orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Puskesmas Rengasdengklok, semuanya merupakan bidan yang bertugas di PONED. Pihaknya mengaku semua bidan yang terkonfirmasi positif corona itu sudah dirujuk ke salah satu rumah sakit di daerah Karawang.

“Kalau yang satu gak bisa divaksin karena dia punya penyakit asma sama alergi berat, kalau yang dua lebih dulu, belum ada vaksinasi dia udah kena (positif),” katanya, Minggu (14/2/2021) melalui sambungan telponnya.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehahatan pada Dinas Kesehahatan Karawang, Rusli Gunawan mengatakan jika ada petugas kesehatan yang terkonfirmasi postif corona di salah satu Puskemas maka harus dilaksanakan tracking terlebih dahulu karena dikhawatirkan menyebar ke petugas lainnya. Kata dia kalau misalkan banyak yang terkonfirmasi postif maka pelayanan harus ditutup.

“Kalau hasil tracking banyak yang positif harus ditutup, misalnya rawat inapnya saja tapi UGD nya masih tetap jalan,” jelas Rusli.

Saat dimintai keterangan lebih lanjut mengenai bidan PONED Puskemas Rengasdengklok yang terkonfirmasi positif Covid-19, Kepala Dinas Kesehatan Karawang Nanik Djojana mengaku belum menerima laporannya.

“Saya gak tahu, habisnya banyak, gak hafal satu persatu,” pungkasnya. (dar)