Sejumlah Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta, Gelar KKN di Desa Kampungsawah

JAYAKERTA, Spirit



Menanamkan kesadaran kepada masyarakat tentang hidup bersih dan sehat, dan menciptakan peluang ekonomi kreatif dengan menjadikan sampah bukan hanya beban dalam kehidupan tetapi juga bisa menjadi anugerah yang dapat memberikan nilai ekonomis terhadap masyarakat sendiri. Sejumlah mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta Selatan, gelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kampungsawah Kecamatan Jayakerta, Karawang.

Dikatakan ketua kelompok KKN, Kent Yozardi, sejalan dengan program Citarum Harum, ia bersama rekan-rekannya mencoba merubah pemikiran masyarakat Desa Kampungsawah terhadap sampah.


“Setelah berinteraksi dengan beberapa masyarakat di sini, kita dapati sudah tidak ada lagi yang membuang sampahnya ke sungai ataupun bantaran sungai Citarum. Kebanyakan mereka membakar sampahnya dan sangat disayangkan, karena sampah yang mereka bakar ada sebagian yang bernilai ekonomis,” jelas Kent kepada Spirit Jawa Barat, Jumat (25/1).

Masih menurutnya melalui kegiatan KKN tersebut berharap masyarakat Desa Kampungsawah dapat mengerti bahwa sampah di lingkungannya tidak hanya sebagai beban dalam keseharian tetapi juga dapat menjadi penambah penghasilan keluarga.

“Kita berikan atau kita ajari masyarakat keterampilan yang dapat merubah beberapa sampah rumah tangga menjadi barang yang dapat berguna dan dapat dijual sehingga juga dapat memberikan penghasilan tambahan bagi mereka. Selain daur ulang sampah, kita juga ingin menanamkan budaya membaca kepada anak-anak disini dengan program Rumah Cerdas Budi Luhur (RCBL),” paparnya.

Senada dengan Kent, relawan pemberdayaan masyarakat nasional, Umi Tuti Asmawi, yang berkesempatan mendapingi Mahasiswa Budi Luhur mengatakan saat ini masalah sampah menjadi masalah yang sangat mendesak dan untuk mewujudkan hidup bersih dan sehat masyarakat tidak bisa hanya menunggu orang lain tetapi juga harus bergerak dengan menjaga kebersihan bersama.

“Disaat bergerak kita jangan berfikir akan mendapat apa ?, bergeraklah dan lakukan yang terbaik. Mudah-mudahan hasil tidak akan mengkhianati usaha yang telah dilakukan. Dan masyarakat disini luar biasa terutama generasi mudanya, yang sangat semangat dan antusias untuk melakukan perubahan,” katanya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Kampungsawah Kecamatan Jayakerta, Adi Kurniadi mengutarakan rasa terima kasihnya kepada para mahasiswa Universitas Budi Luhur, yang telah memberikan pengertian kepada masyarakatnya tentang hidup bersih dan sehat, juga cara mendaur ulang sampah sehingga menjadi bermanfaat dan membuka peluang menambah pendapatan masyarakat.

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada para mahasiswa yang mau memberikan pengertian dan ketrampilan tentang penanganan sampah sehingga dapat membuka peluang menambah pendapatan kepada masyarakat disini,” pungkasnya. (dar)