KARAWANG, Spirit – Tagih janji untuk perbaiki kerusakan lingkungannya dan janji pembayaran kompensasi final terhadap warga terdampak pencemaran lingkungan oleh limbah minyak mentah (Oil Spill) akibat kebocoran pipa Pertamina beberapa waktu silam, puluhan warga Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya lakukan aksi demonstrasi atau unjuk rasa ke PT. PHE-ONWJ, Senin (29/6/2020).



Dikatakan Agus salah seorang warga Dusun Tirtasari, Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, aksi demontrasi tersebut menuntut PHE-ONWJ untuk segera menepati janjinya untuk memperbaiki lingkungan di Desa Sedari, yang sampai saat ini belum dilakukan.

“Perbaikan atas kerusakan lingkungan kami akibat pencemaran oil spill dan pembayaran kompensasi yang tertunda, baik itu kompensasi susulan atau kelompok C sampai dengan kompensasi final. Ditambah lagi adanya bencana banjir ROB kemarin, jadi luar biasalah ini pantai Sedari,” katanya kepada Spirit Jawa Barat.

Masih menurut Agus, kerusakan alam yang dialami daerahnya tersebut pun sangat mempengaruhi kehidupan warga desanya. Dari rusaknya pariwisata pantai yang ada, usaha tambak sejumlah warga, hingga terganggunya kesehatan warga.

“Selain pantai yang jelas harus diperbaiki kondisinya, tanaman mangrove sebagai pencegah abrasi pun jadi terhambat pertumbuhannya bahkan ada sebagian yang sama sekali rusak. Ada tiga dusun yang mengalami dampak terparah di Desa Sedari, yaitu Dusun Tirtasari, Tanjungsari dan Dusun Karangsari,” tutupnya.

Sementara itu di tempat berbeda, menanggapi demonstrasi masyarakatnya Kepala Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Bisri Mustofa merasa prihatin dan mengatakan bahwa hal tersebut merupakan hak masyarakatnya.

“Sepanjang demonstrasi dilakukan dengan damai dan kondusif, menjadi sah-sah saja warganya menyampaikan tuntutannya. Mengingat memang kondisi Desa Sedari paska pencemaran dan banjir ROB kemarin mengalami banyak kerusakan atau hancur,” jelasnya.

Ia pun berharap pihak PHE-ONWJ dapat merespon dengan baik dan positif apa yang telah disampaikan warga Desa Sedari melalui aksinya.

“Mudah-mudahan apa yang disampaikan warga direspon PHE-ONWJ dengan positif dengan segera merealisasi tuntutan warga sehingga warga mendapatkan kepuasan,” pungkasnya. (dar)