KARAWANG, Spirit



Dalam rangka meningkatkan mutu layanan pembelajaran, Satuan Pendidikan Nonformal (SPNF) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Karawang terus melakukan inovasi. SPNF yang berlokasi di Jalan Pangkal Perjuangan, Kelurahan Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat menggelar launching web di SPNF SKB Karawang, Minggu (22/5).

Kepala SPNF SKB Karawang Dr. H. Mulyana Surya Atmaja, S.Pd., M.Pd, didampingi Pamong Belajar Fungsional Drs. Madun Sujana mengatakan, alamat website resmi yang dilaunching yaitu www.skb-krw.com.

“Melalui website ini kami akan menerapkan model pembelajaran berbasis online. Pasalnya dalam website ini ada menu yang berfungsi sebagai sarana untuk menggelar kegiatan belajar mengajar secara online yakni e-learning,” ujar H. Musa, sapaan Dr. H. Mulyana Surya Atmaja, S.Pd., M.Pd, Minggu (12/5).


Dijelaskan H. Musa, sistem pembelajaran berbasis online akan dijalankan SPNF SKB Karawang mulai tahun pelajaran 2019-2020. Oleh karena itu, bagi warga belajar yang memiliki laptop maupun smartphone bisa langsung membuat akun dengan masuk ke menu e-learning, kemudian klik daftar.

“E-learning ini kami hadirkan untuk mempermudah proses pembelajaran, karena peserta didik di satuan pendidikan nonformal hampir 90 persen sudah bekerja dan berkeluarga. Jadi adanya model pembelajaran online tentunya akan lebih meningkatkan komunikasi, serta mengefesienkan waktu dan biaya karena bisa dilakukan di mana saja,” jelasnya.

Dikatakan H. Musa, dengan diterapkannya e-learning di SPNF SKB, maka model pembelajaran yang akan dijalankan kini berjumlah empat yaitu tatap muka, mandiri, online dan kombinasi.

“Untuk warga belajar yang tidak memiliki laptop maupun smartphone akan menggunakan model pembelajaran mandiri dengan diberikan modul,” ucapnya.

Lebih lanjut H. Musa menambahkan, adanya e-learning menjadikan proses pembelajaran akan dipusatkan di SPNF SKB Karawang. Sehingga mulai tahun pelajaran 2019-2020 tidak akan ada lagi kegiatan belajar mengajar di tiga TKB (Tempat Kegiatan Belajar) yang selama ini telah berjalan yaitu di TKB Cibuaya, Kalihurip dan Gintungkerta.

“Mudah-mudahan adanya model pembelajaran online ini semakin meningkatkan kualitas pendidikan di SPNF SKB Karawang. Serta menarik minat masyarakat Karawang yang kurang beruntung dalam hal pendidikan untuk terus melanjutkan pendidikannya. Apalagi di SPNF SKB ini para warga belajar tidak dipungut biaya karena langsung di biayai oleh Pemerintah Kabupaten Karawang melalui program Karawang Cerdas dan BOP dari pusat,” katanya. (ayi/dea)