KARAWANG, Spirit

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Telukjambe tak hanya fokus mendidik siswanya agar berprestasi di bidang akademik, tapi juga nonakademik. Tak heran, sekolah yang dipimpin Dra. H. Listianti ini menjelma menjadi sekolah yang sarat prestasi melalui beberapa kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) yang dibinanya.

Palang Merah Remaja (PMR) merupakan salah satu ekskul yang sangat membanggakan. Puluhan piala telah berhasil dibawa pulang tim yang dibina Hj. Siti Masitoh M.Pd. Di antaranya juara umum Jumbara XI 2016, juara harapan satu Living Harmony with Disaster dan The Picture of Humanity 2017, juara utama tiga dan harapan satu PPGD se-Purwasukasi (Purwakarta, Subang, Karawang, Bekasi dan Kota Bekasi) 2017 dan lain-lain.

Sekolah yang beralamat di Jalan  HS. Ronggowaluyo, Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat ini juga cukup disegani dalam ekskul teater. Tak hanya di level lokal Karawang, pretasi tingkat nasional juga berhasil diraih tim yang dibina Euis Heryani S.Pd, seperti juara di DKI Jakarta dan Yogyakarta pada 2017.

Tak kalah menterengnya dengan dua ekskul di atas, Paskibra yang dibina Ida Rodiah S.Pd unjuk gigi dengan beberapa piala yang dibawa pulang. Terbaru yaitu juara Madya 2 Lomba Aksi Paskibra tingkat SMA/SMK/MA se-Jawa Barat, DKI dan Banten.

Taekwondo merupakan ekskul berikutnya yang mampu mengharumkan nama sekolah setelah mengantarkan Adi Satrio meraih perunggu di ajang Bandung Taekwondo International Invitation 2017.

Kemudian, basket menjadi ekskul yang mampu meyumbangkan piala terbaru setelah sukses menempati posisi tiga Divisi Utama Perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) Karawang 2018.

“Alhamdulillah, berkat dukungan dari kepala sekolah (Dra. H. Listianti) dan semangat para pembina, pelatih dan siswa, sekolah kami bisa berprestasi baik di bidang akademik maupun nonakademik. Kami berharap prestasi yang diraih bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi,” ujar Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kesiswaan, Drs. Rustam, Rabu (28/3).

Untuk diketahui, prestasi terbaru yang ditorehkan SMAN 1 Telukjambe dalam bidang akademik dicatatkan pada event OSN (Olimpiade Sains Nasional) 2018. Sekolah yang bedekatan dengan kampus Unsika ini memiliki peluang untuk mengharumkan nama Karawang di tingkat provinsi (Jawa Barat) setelah dua siswa terbaiknya sukses menempati posisi tiga besar OSN biologi dan kebumian tingkat kabupaten (Karawang).

“Kami secara rutin mewakili Karawang ke tingkat provinsi di ajang OSN. Mudah-mudahan tahun ini bisa memberikan yang terbaik untuk sekolah dan Karawang,” katanya. (ayi/dea)