CILAMAYA WETAN, Spirit



SMAN 1 Cilamaya Karawang memprogramkan bantuan sosial (Bansos) bagi masyarakat kurang mampuh melalui program Jumat beramal. Sasaran kali ini Rasman (75) warga Dusun Pangkalan Satu Rt 03/02 Desa Mekarmaya Kecamatan Cilamaya Wetan, bantuan tersebut digunakan untuk pebaikan Rumah yang dinilai kurang layak.

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMAN 1 Cilamaya, Drs Kosim, mengatakan, bagi rumah tangga miskin yang tidak memiliki Rumah layak huni, SMAN 1 Cilamaya akan memberikan bantuan guna perbaikannya.

“Nama programnya Jumat beramal. Dihari itu, semua siswa memberikan sodakoh yang di kumpulkan oleh OSIS. Setelah terkumpul dan dianggap cukup, baru mencari target sasaran penerima bantuan. Kegiatan ini sudah berjalan 3 tahun kebelakang,” ungkap Kosim saat ditemui dilokasi penerima bantuan, Minggu (11/3).


Para tukang bangunan yang siap perbaiki rumah warga tak mampu, dengan didanai siswa SMAN 1 Cilamaya

Menurut Kosim, siswa menyiapkan anggaran untuk membantu keluarga miskin atau jompo. Dalam program Jumat beramal tersebut, pihaknya memprioritaskan rumah bagi orang tua jompo dan janda tua, yang tidak bisa berbuat banyak lagi. Selebihnya, warga miskin dan warga yang rumahnya tidak layak diperbaiki menjadi layak huni.

“Jumat beramal menjadi program unggulan SMAN 1 Cilamaya dalam membantu warga yang tidak mampu. Program ini untuk membina karakter siswa, agar bisa peduli terhadap sesama,” katanya.

Sementara itu warga setempat Sunarto, mengafresiasi SMAN 1 Cilamaya peduli terhadap warga kurang mampu. Menurutnya, baru kali pertama ada sekolah yang mengajarkan siswanya untuk memberi, dan itu sudah dilakukan, bukan hanya sekedar program.

“Saya salut kepada siswa SMAN 1 Cilamaya. Begitu pedulinya, sehingga mau rereongan kumpulin uang buat bantu orang lain. Ini jarang ada, dicilamaya sekolah mana yang sudah berhasil seperti ini. Bukan hanya sekedar program, tapi realisasi. Mudah-mudahan bisa diikuti oleh sekolah lain,” pungkasnya. (wan)