KARAWANG, Spirit – Siswa SMPN 1 Karawang Barat menjalani Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) periode 2019-2020 berbeda dari sekolah lainnya yang ada di Karawang. Sekolah yang beralamat di Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang ini tidak lagi menggelar pemilihan manual, tapi dilakukan secara online.



Kepala SMPN 1 Karawang Barat, H. Acam Suhendra mengatakan, pilketos online tahun ini yang telah dilaksanakan pada Jumat (25/10), menjadi kali pertama yang digelar sekolahnya.

“Ini sebagai upaya sekolah kami dalam mengikuti perkembangan di era digital seperti saat ini,” ujar H. Acam, didampingi Wakasek Kesiswaan Thalib Hadiwijaya, dan Wakasek Kurikulum Mamay Abdullah, Kamis (31/10).

Dijelaskan H. Acam, pemilihan secara online memiliki kelebihan di bandingkan proses manual. Selain praktis dan menghemat biaya, perhitungan perolehan suara lebih cepat dan akurat, serta menghindarkan dari adanya suara tidak sah.


“Pilketos ini merupakan proses pembelajaran demokrasi di sekolah. Mudah-mudahan kepengurusan yang baru bisa membawa kemajuan bagi OSIS dan sekolah kami, baik dalam prestasi akademik maupun nonakademik,” harapnya.

9 Unit Komputer

Inisiator pilketos online, Anastasya Julya S mengatakan, pelaksanaan pilketos online menggunakan 9 unit komputer. Proses pemilihannya, lanjut siswi kelas IX G ini, para pemilih (1190 pemilih) yang berasal dari siswa dan guru memulai dengan log in melalui google form, kemudian memilih calon.

Setelah melalui proses pemilihan, jelas Anastasya, M. Raffi Aditya Pradipta (kelas VIII F) terpilih sebagai ketua setelah mengumpulkan 33 persen suara. Raffi unggul atas enam calon lainnya termasuk M. Raihansyah (kelas VIII D) yang mencatatkan 18 persen suara.

“Raffi menggantikan Muhammad Nabiil (kelas IX F) yang menjabat sebagai ketua OSIS periode sebelumnya,” jelas Anastasya yang mengaku memiliki ide untuk menggelar pilketos online karena terinspirasi dari salah satu SMA di Karawang.

Bawa Sekolah Lebih Baik

Ketua OSIS terpilih, M. Raffi Aditya Pradipta mengaku senang dan bangga bisa terpilih menjadi ketua OSIS baru di sekolah yang dicintainya. Pasalnya, menjadi ketua OSIS merupakan target yang ingin direalisasikannya.

“Tentunya saya senang bisa diberi kepercayaan oleh keluarga besar SMPN 1 Karawang Barat. Bersama pengurus baru lainnya, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa melaksanakan program-program dengan sempurna agar bisa membawa nama sekolah lebih baik lagi,” kata siswa yang sebelumnya tercatat sebangai anggota pengurus OSIS periode 2018-2019. (ayi/dea)