KARAWANG, Spirit – Jadi langganan banjir karena luapan sungai Citarum saat musim penghujan, warga Perumahan Karaba Indah, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang bentuk tim penyelamat ‘Karaba Rescue Karawang’.

Salah seorang warga sekaligus penggagas dan donatur, Mashudi atau yang biasa disapa Budi mengatakan bahwa pembentukan tim rescue ini adalah untuk membantu warga Karaba ketika terjadi bencana alam terutama banjir. Mengevakuasi warga, membuat dapur umum dan lainnya yang diperlukan.

“Selain untuk lingkungan sendiri, Tim juga diharapkan dapat terjun membantu warga sekitaran Karawang, saat dibutuhkan,” kata Budi, Sabtu (11/12/21).

Masih menurut Budi, pembentukan tim rescue diawali dengan menggelar pelatihan selama 2 hari, tanggal 11 dan 12 Desember 2021 di wilayah perumahan Karaba sisi sungai Citarum. Teori dan praktek disampaikan oleh BPBD Kabupaten Karawang.

“Tim Karaba Rescue Karawang diketua oleh Muhidin dan Agus Suganda sebagai ketua Umum. Untuk biaya pelatihan dan peralatan rescue diperoleh dari donatur, pengusaha, dan warga Karaba,” ungkap Budi.

Bahkan masih menurut Budi, saat ini peralatan perahu milik tim rescue ini sedang dilengkapi teknologi radar yang bisa memantau keberadaan warga dari kejauhan agar segera dapat diselamatkan.

Sementara itu tanggapan positif datang dari salah satu ketua RT perumahan Karaba Indah, Tugino yang mengatakan sangat senang dengan dibentuknya Tim Rescue karena dapat mempercepat evakuasi warga bila ada bencana.

“Karena tidak hanya BPBD, Basarnas. Sispamdu Zhadoel, dan lain-lain yang biasa membantu bila ada bencana namun sekarang punya sendiri yang terdekat. Hanya diingatkan saja bahwa karena ini tugas sosial maka perlu dipupuk terus semangat yang tinggi dan juga regenerasi agar tim selalu solid dan terjaga keutuhanya,” kata Tugiono. (Gus)