KARAWANG, Spirit – Ketua DPC PKB Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari (Kang Jimmy) resmi ikut mendaftar di seleksi terbuka penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati di DPC PDIP Karawang, Senin (16/5/2019) malam, setelah dirinya menyerahkan berkas pendaftarannya.



Sekitar pukul 19.30 WIB, Kang Jimmy tiba dikantor DPC PDIP Karawang, didampingi beberapa pengurus PKB dan anggota DPRD Karawang Fraksi PKB. Bahkan, pendaftaran Kang Jimmy diantarkan langsung oleh mantan Sekretaris DPC PDIP Karawang, Ace Sudiar yang hari ini menjadi Ketua Raja Merah (Relawan Ahmad Zamakhsyari Jalur Merah).

Sekretaris Panitia Penjaringan Dede Anwar mengungkapkan, dari 8 orang pendaftar, baru Kang Jimmy yang telah mengembalikan berkas formulir pendaftaran.

“Jadi yang sudah ngambil formulir pendaftaran itu sebenarnya ada 8 orang. Kang Jimmy ke sini itu bukan ngambil formulir, tapi justru mengembalikan formulir. Jadi Kang Jimmy satu-satunya pendaftar yang sudah mengembalikan formulir,” tutur Dede Anwar.

Di tempat yang sama, Ketua DPC PDIP Karawang, Taufik Ismail mengaku merasa terhormat ketika Kang Jimmy mau mendaftar di PDIP. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi dirinya, jika melihat jumlah kursi PDIP di DPRD Karawang sebenarnya lebih besar PKB (6 kursi PDIP, 7 kursi PKB).

Melalui kesempatan ini, Kang Pipik (sapaan akrab) menjelaskan, proses penjaringan terbuka bakal calon bupati dan wakil bupati ini tentu akan dilakukan seobjektif mungkin. Karena nanti DPP PDIP pun akan melakukan survei popularitas dan elektabilitas setiap orang yang daftar ke PDIP.

“Target PDIP di Pilkada Karawang ini memang harus memiliki kekuasaan di eksekutif. Makanya penjaringan terbuka ini akan dilakukan sebaik-baiknya. Dan kami merasa terhormat ketika Kang Jimmy ikut mendaftar di PDIP. Apalagi bukan sekedar mengembalikan formulir. Tapi mengembalikan formulir pendaftaran sebagai tanda keseriusannya,” kata Kang Pipik.

Sementara itu, Kang Jimmy menjelaskan, bahwa pendaftarannya di PDIP merupakan salah satu bentuk ikhtiar politik. Kendati diakuinya, ia sudah bertemu langsung dengan H. Ade Swara dan Hj. Nurlatifah untuk melakukan ikhtiar politik yang sama, ketika membidik Gina Fadlia Swara (Partai Gerindra) untuk menjadi calon wakilnya di Pilkada 2020.

“Yang namanya politik itu dinamis. Berbagai upaya ikhtiar politik harus terus saya lakukan. Lagian dari 49 relawan Kang Jimmy yang sudah terbentuk, semuanya tidak mempersoalkan siapa calon wakil saya nanti. Makanya sebelum datang ke sini, saya juga sudah konsultasi dengan kakak kandung saya Ketua PCNU Karawang,” kata Kang Jimmy.

“Justru saya berharap agar esok atau lusa Teh Gina juga mendaftar ke PDIP. Tapi yang perlu saya tegaskan, hari ini satu-satunya calon yang sudah berani lantang menyatakan sikap untuk bertarung dengan petahana (Bupati Cellica/Ketua DPC Demokrat Karawang) di pilkada nanti baru saya. Saya tegaskan akan maju sebagai Karawang satu, tidak akan ngambang,” tandas Kang Jimmy. (dar/rls)