KARAWANG, Spirit – Diiringi ratusan pendukungnya, pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati jalur independen Endang Macan Kumbang-Asep Kuncir (Enak) serahkan syarat dukungan ke KPUD Kabupaten Karawang, Rabu (19/2/2020).



Saat konfrensi pers Bakal Calon Bupati Endang Macan Kumbang mengatakan pihaknya telah menyerahkan pemberkasan syarat dukungan sebanyak 110.599 orang yang tersebar di 30 kecamatan.

Syarat dukungan ini menurutnya sudah melebihi apa yang ditentukan oleh aturan perundang-undangan yaitu sebesar 6,5 persen dari hak pilih warga Karawang atau sebesar 108.548 yang dibuktikan oleh KTP yang tersebar di 16 kecamatan.

Di tempat yang sama Bakal Calon Wakil Bupati Asep Agustian alias Asep Kuncir (Askun) mengatakan penyerahan berkas syarat dukungan tersebut ke KPUD adalah bukti keseriusan pasangan Enak sebagai sebagai salah satu kontestan di Pilkada Karawang 2020 mendatang.

“Kami optimis akan lolos verifikasi, namun jika nanti syarat dukungan itu setelah dihitung manual oleh KPUD belum mencukupi, pihaknya akan melengkapi syarat dukungan tersebut,” katanya kepada Spirit Jawa Barat, Rabu (19/2/2020).

Divisi teknik penyelenggaraan pada KPUD Kabupaten Karawang Aceng Kasum menyebutkan syarat dukungan untuk jalur independen pasangan Enak akan dihitung secara manual. Pihaknya akan langsung melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual ke lapangan atau ke masyarakat, apabila setelah penghitungan manual mengatakan jumlah dukungan tercukupi.

“Syarat dukungan minimal harus mencapai 108.548.000 orang dibuktikan KTP yang tersebar 16 kecamatan. Untuk memenuhi kekurangan dan memperbaiki data syarat dukungan bakal calon perorangan memiliki waktu sampai dengan bulan Mei, karena bila tak terpenuhi jumlah minimal syarat dukungan dan jumlah minimal sebaran, bakal calon tidak bisa meneruskan pendaftaran yang akan dibuka pada tanggal 16 sampai dengan 18 Juni mendatang,” pungkasnya. (ist/dar)