SPIRIT, Karawang – Polres Karawang memberikan penjelasan terkait viralnya video pemudik roda dua, yang menerobos barikaade penyekatan petugas di pos pengamanan jalan lingkar luar Karawang, Kepuh, Karangpawitan, Kabupaten Karawang Sabtu (8/5/2021) dinihari.

“Penerobosan pos sekat bundaran Kepuh oleh para pemudik, terjadi Sabtu sekitar pukul 00.05 – 00.15 pagi,” kata Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putera.

Rama mengatakan, malam itu diprediksi sebagai puncak arus mudik kendaraan pemudik dari arah Jakarta yang melintas di Jalur Arteri Pantura dengan didominasi oleh kendaraan Roda 2.

Menurutnya, tepat pada pukul 00.05 wib terjadi lonjakan arus pemudik yang melintas di bundaran Kepuh. Malm itu, pemotor menerobos sekat karena jumlah personel petugas jaga tak sebanding dengan jumlah pemudik.

” Diperkirakan terdapat 500 pemudik roda dua datang secara serempak, sehingga pemudik menerobos secara paksa barikade rekayasa dengan cara melawan arus saat diperintahkan oleh petugas untuk putar balik,” paparnya.

Akibat persitiwa itu, Polres Karawang langsung melakukan penebalan personil BKO dari Sat Brimob dan Dalmas Dit Sabhara.

“Hanya terjadi 15 menit, sehingga pada jam 00.15 wib situasi sudah terkendali dan pemudik seluruhnya berputar kembali ke arah Jakarta,”ungkap Rama. (dit)