KARAWANG – Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan (Korwilcambidik) Karawang Barat keluar sebagai juara umum lomba akademik virtual yang digelar Bidang Pendidikan SD, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang 2021. Prestasi tersebut diraih setelah berhasil mengumpulkan 3 emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Dalam lomba yang dilaksanakan pada 1-8 April 2021, Karawang Barat meraih emas dari lomba calistung kelas II, siswa berprestasi dan kepala sekolah berprestasi. Sedangkan 1 perak dibawa pulang dari lomba guru berprestasi, dan 1 perunggu dari mata lomba calistung kelas III.

Medali emas lomba calistung kelas II diraih perwakilannya, Paramita Apta Kamin yang unggul atas seluruh pesaingnya termasuk Lanang Lintange Langit dari Klari (perak) dan Bintang Aryanto dari Majalaya (perunggu). Emas siswa berprestasi disabet Mukhtafi Nadiroha N, diikuti Muhamad Aldiansyah (Karawang Timur/perak) dan Larasati Ratna Putri (Kotabaru/perunggu). Emas kepala sekolah berprestasi digenggam Yatni Turyatni, diikuti Yeni Mulyani (Karawang Timur/perak) dan Suparjo (Pakisjaya/perunggu).

Kemudian, medali perak lomba guru berprestasi dipersembahkan Sulis Ekowati, emas lomba ini diraih Cepi Saepudin (Klari) dan perunggu oleh Hendrik Kurniawan (Pakisjaya). Sedangkan perunggu lomba calistung kelas IIII ditorehkan Muhamad Akma Arba, ia harus mengakui keunggulan Danish Aniq Raif (Cikampek/emas) dan Azaffi Sayid Nur Banash (Klari/perak).

Untuk diketahui, di bawah Karawang Barat ada beberapa Korwilcambidik yang berhasil meraih medali seperti Klari (1 emas dan 3 perak), Pakisjaya (1 emas, 1 perak dan 2 perunggu), Majalaya (1 emas dan 1 perunggu), Cikampek (1 emas), Telukjambe Timur (1 emas), Karawang Timur (2 perak), Cilebar (1 perak), Ciampel (3 perunggu), dan Kotabaru (1 perunggu).

“Selamat kepada para juara yang berhak membawa pulang piala, sertifikat dan uang pembinaan. Adanya lomba ini membuktikan bahwa siswa, guru dan kepala sekolah jenjang SD tetap mampu berkreasi di masa pandemi covid-19. Kami berharap perlombaan ini kian memotivasi khususnya guru dan kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Bagi para juara jangan puas terlebih dulu, terus belajar dan berlatih sehingga jika digelar kompetisi di level yang lebih tinggi yaitu di tingkat Provinsi Jawa Barat sudah siap berprestasi mewakili Karawang,” ujar Kadisdikpora Karawang, Asep Junaedi, didampingi Sekretaris Disdikpora, Cecep Mulyawan, Kabid Pendidikan SD, Yani Heryani, dan Kasi Kurikulum Kesiswaan dan Ketenagaan, Mulyana Surya Atmaja (Musa), dalam acara penyerahan hadiah di SDN Nagasari VI, Jumat (7/5/2021).

Kepala Korwilcambidik Karawang Barat, Yuyun Yulistina mengaku bersyukur atas prestasi yang diraih siswa, guru dan kepala sekolah perwakilan Korwilcambidik Karawang Barat.

“Alhamdulillah sudah sesuai target. Kami berharap prestasi yang diraih perwakilan kami bisa memotivasi siswa, guru dan kepala sekolah lainnya yang ada di Kabupaten Karawang untuk terus mengukir prestasi,” ucapnya. (dea)