KARAWANG, Spirit

Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Telukjambe Timur, hari ini menggelar tes wawancara terhadap calon Panwaslu tingkat Desa/Kelurahan, di kantor sekretariat Panwaslu Kecamat Telukjambe Timur, Jumat (12/1).
Seluruh calon yang mengikuti tes wawancara tersebut sebelumnya telah melalui tahapan seleksi berkas administrasi oleh Pokja Pendaftaran.

Ketua Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Telukjambe Timur, Fredrick A.K mengatakan, antusias masyarakat yang mendaftarkan diri sebagai calon PPL di Telukjambe Timur terbilang tinggi sejak dibukanya pendaftaran.

“Tercatat ada 30 orang yang mendaftarkan diri sebagai calon PPL, namun pada seleksi berkas, dari 30 pendaftar, 25 orang yang memenuhi syarat awal,” ujarnya.

Lebih lanjut Fredrick mengatakan, setelah tes wawancara, akan dipilih sebilan peserta yang akan ditempatkan di tiap desa dalam wilayah kecamatan Telukjambe Timur dan bersedia bekerja sepenuh waktu.

“Bagi yang terpilih jadi panwas desa harus diap bekerja sesuai hari kalender,” katanya.

Masih kata Fredrick menjelaskan, tugas anggota panwas desa tidaklah mudah, karena mereka jadi perpanjangan tangan dari Panwascam untuk mengawasi setiap proses dari tahapan pilgub nantinya.

“Ibaratnya, anggota panwas desa ini ujung tombak pengawasan sekaligus penentu kualitas pilgub Jawa Barat saat ini,” jelasnya.

Ditambahkannya, kendati ada panwas desa, pihaknya meminta agar masyarakat ikut bersama panwas melakukan pengawasan terhadap proses pilgub Jawa Barat.

“Kami berharap peran masyarakat sangat di perlukan sehingga pelaksanaan pesta demokrasi ini akan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sebab personil panwas itu terbatas dan wilayah yang harus diawasi cukup luas. Oleh sebab itu semua masyarakat diharapkan bisa berpartisipasi demi menciptakan demokrasi adil, jujur dan berintegritas,” tandasnya. (bal)