KARAWANG, Spirit – Persatuan Pedalang Indonesia (Pepadi) Karawang bersama Pemkab Karawang, gelar pertunjukan wayang golek, dalam rangka peringatan Hari Wayang Nasional yang pertama, dengan dalang Darsa Wibiksana yang juga ketua Pepadi Karawang, di lapangan Tugu Proklamasi, Kecamatan Rengasdengklok, Kamis (7/11/2019) malam.



Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang, Okih Hermawan yang dalam sambutannya mewakili Bupati Karawang, ia mengucapkan selamat Hari Wayang Nasional. Ia pun mengutarakan bahwa kegiatan tersebut akan terus dilakukan kedepan, sebagai langkah nyata Pemkab Karawang dalam memelihara sekaligus mengembangkan kesenian tradisional wayang golek yang telah menjadi khas orang Karawang.


Kadisparbud Karawang, Okih Hermawan

“Ini menjadi momentum yang baik untuk para pelaku seni wayang golek di Kabupaten Karawang untuk bersinergis dengan Pemkab Karawang, agar event ini masuk dalam kalender event pariwisata Kabupaten Karawang,” ungkapnya.

Sehingga setiap tanggal 7 November, lanjut Okih, ada pentas pertunjukan wayang golek secara kolosal untuk memperingati Hari Wayang Nasional.

“Pemkab akan berupaya membantu dan memfasilitasinya, kita akan pastikan peringatan Hari Wayang Nasional tahun depan di Kabupaten Karawang lebih semarak,” pungkasnya.

Sementara itu, melalui layanan pesan Whats App, Camat Rengasdengklok, Sri Redjeki berharap pada peringatan Hari Wayang Nasional yang pertama kali ini semenjak ditetapkan oleh Presiden Jokowi, kesenian tradisional wayang bisa tetap terpelihara dan dapat berkembang.

“Di Jawa Barat tentu dengan Wayang Goleknya, dan berharap dengan pertunjukan wayang golek oleh Pepadi di Kecamatan Rengasdengklok ini untuk pertama kalinya dalam rangka Hari Wayang Nasional, dapat lebih mengenalkan wayang golek kepada generasi baru atau anak-anak di Kecamatan Rengasdengklok bahkan Kabupaten Karawang, untuk memelihara atau mengembangkan kesenian tradisional Jawa Barat ini,” katanya, kepada spiritjawabarat.com, Kamis (7/11/2019) malam.

Diketahui, pada 11 Desember 2018 lalu, Presiden Jokowi melalui Keputusan Presiden (Keppres) nomor 30 tahun 2018, menetapkan tanggal 7 November sebagai Hari Wayang Nasional. Karena pada tanggal dan bulan yang sama di tahun 2003, Organisasi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan Perserikatan Bangsa-bangsa atau UNESCO telah lebih dulu menetapkan wayang sebagai warisan budaya dunia. (red)