KARAWANG, Spirit



Sejumlah lembaga masyarakat mengikuti acara sosialisasi pengawasan partisipatif yang diselenggarakan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Karawang, di Grand Citra Hotel Karawang, Kamis (12/4). Kegiatan tersebut mendapat dampak positif dan apresiasi dari peserta yang hadir.

Ketua Garda Bangsa Gugun, menilai kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan Panwaslu Karawang ini sangat memberikan efek positif terhadap masyarakat.

“Saya menyambut baik dan sangat mengapresiasi dari kegiatan sosialisasi berkenaan dengan pengawasan Pemilukada yang diselenggarakan Panwaslu Karawang,” ujarnya, saat diwawancarai Spirit Jabar, usai acara sosialisasi berlangsung.


Senada dengan tanggapan Ketua Garda Bangsa, Ketua KNPI Kabupaten Karawang Lukman N Iraz yang saat itu sudah mengikuti acara sosialisasi, iapun mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang digelar panwaslu.

“Saya sangat mengapresiasi atas kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan panwaslu sore ini. Hal ini dapat meningkatkan iklim partisipasi masyarakat dalam pemilu yang berdampak pada terciptanya keamanan dan kondusifitas,” ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Karawang, Syarif Hidayat mengatakan, diselenggarakannya kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif, adalah bentuk ajakan dan pendidikan, bahwa pengawasan pemilu adalah tugas bersama.

“Tujuan diadakannya sosialisasi pengawasan partisipatif ini adalah upaya Panwas dalam mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam melakukan pengawasan pemilukada,” ujarnya.

Masih kata Syarif menambahkan, karena terbatasnya anggaran sosialisasi, maka sosialisasi tidak dapat dilakukan sampai ke masyarakat dibawah, namun dengan mengundang perwakilan-perwakilan sejumlah lembaga atau organisasi masyarakat yang ada di Karawang.

“Dalam kegiatan ini kami undang sekitar 20 perwakilan lembaga masyarakat yang ada di Karawang. Hal ini dilakukan mensiasati mengingat terbatasnya anggaran yang tersedia untuk kegiatan sosialisasi. Diharapkan dibantu oleh media juga esensi dari kegiatan ini dapat tersampaikan oleh para peserta sosialisasi yang hadir,” ungkapnya.

Diakhir pembicaraannya, Syarif berharap agar proses pilgub Jabar yang saat ini sedang dilakukan, kondusif aman dan dapat terlaksana tanpa ada hal-hal yang tidak diinginkan.

“Semoga dalam proses pilgub Jabar saat ini tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semoga kondusif dan aman,” pungkasnya. (bal)