BATUJAYA, Spirit



Jelang datangnya musim penghujan, masyarakat Dusun Lolohan 1 Desa Kuta Ampel Kecamatan Batujaya, kembali di hantui rasa takut, yang disebabkan dengan kondisi tanggul sungai Citarum yang kembali amblas atau rusak.

Dikatakan Kepala Desa Kuta Ampel, Kecamatan Batujaya, Rohmat, dirinya kembali khawatir dengan datangnya musim hujan tentang kondisi tanggul sungai Citarum, tepat berlokasi di desanya yang kembali mengalami kerusakan atau amblas sepanjang 5 meter, lebar 1 meter dan dengan kedalaman lebih dari 1 meter.

“Telah mendapat perbaikan sebanyak dua kali hanya saat ini kembali rusak. kemarin, telah disurvey atau dilihat langsung oleh tim dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) provinsi Jawa Barat,” katanya kepada Spirit Jawa Barat, Selasa (13/11).


Masih kata Kades Rohmat, bahwa tim BBWS berjanji akan membahas kondisi tanggul sungai Citarum di desanya tersebut dan akan secepatnya menindaklanjuti hasil survey tersebut.

“Mereka (tim BBWS) menindaklanjuti pengajuan yang sebelumnya telah dilayangkan dengan melihat secara langsung kondisi tanggul sungai Citarum yang rusak di Desa Kuta Ampel ini. dan saya pun berharap agar ada tindakan secepatnya,” tegasnya.

Rohmat menambahkan, mengingat musim penghujan yang telah datang dan dikhawatirkan terjadi hal yang tak diinginkan yang bisa berdampak kepada masyarakat di dua kecamatan di sekitar tanggul amblas tersebut, yaitu masyarakat Kecamatan Batujaya dan Kecamatan Tirtajaya.

“Berharap segera diperbaiki, secara permanen sehingga tidak mudah kembali rusak atau amblas,” harapnya.

Sementara itu, melalui sambungan telepon, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Asep Wahyu Suherman, mengatakan bahwa pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan pihak terkait di Provinsi Jawa Barat, Baik BPBD provinsi maupun BBWS provinsi Jawa Barat agar perbaikan tanggul sungai Citarum di Desa Kuta Ampel dilakukan secepatnya.

“Menindaklanjuti surat pengajuan perbaikan tanggul Citarum di Desa Kuta Ampel, Kecamatan Batujaya, Karawang yang pernah kita layangkan pada 2 Oktober lalu, saat ini saya berada di Bandung lakukan koordinasi agar perbaikan segera dilakukan mengingat musim penghujan telah datang, dan harapannya segera ada perbaikan pada tanggul rusak tersebut,” jelas Asep Wahyu kepada Spirit Jawa Barat, saat dihubungi melalui teleponnya.

Diketahui tanggul sungai Citarum tepat di Dusun Lolohan 1, RT.06 RW.03, Desa Kuta Ampel, Kecamatan Batujaya, rusak pada tahun 2016 silam, dan tanggul tersebut langsung mendapat perbaikan. Yang lebih parahnya, tanggul tersebut juga sudah diperbaiki pada November 2017, namun dalam jangka waktu 1 bulan tanggul tidak bertahan. Dan hal tersebut dapat berdampak pada masyarakat di dua kecamatan bila halyyang tak diinginkan terjadi. (zul)