KARAWANG, Spirit – Kisruh kepemimpinan yang tengah melanda Karang Taruna Kabupaten Karawang dengan adanya mosi tidak percaya kepada ketua umumnya, membuat mantan salah satu pembina Karang Taruna Kabupaten Karawang, Emay Ahmad Maehi merasa perlu memberikan masukan.

Menurut pria yang akrab disapa Kang Emay tersebut, Karang Taruna merupakan salah satu organisasi paling strategis baik secara yuridis maupun sosial.

“Kepemimpinan yang cakap mutlak sangat diperlukan di semua level tanpa terkecuali. Para pendampingnya menjadi pemandu bagaimana orientasi organisasi tercapai melalui koordinasi organisasi yang berkesinambungan,” kata Kang Emay kepada spiritjawabarat.com, Rabu (21/10/2020) dikediamannya.

Masalahnya adalah, lanjut Kang Emay, di setiap level kepengurusan Karang Taruna merupakan refrensentasi kepentingan daerah masing-masing.

“Di sinilah uniknya dan tantangannya. Karang Taruna Kabupaten Karawang memiliki potensi besar, terlebih dengan Karawang sebagai kota industri, pertanian dan Niaga,” tegas Kang Emay.

Menurutnya lagi, salah satu rumusan kerja Karang Taruna harus mengakomodir kapitalisasi organisasi, yaitu dengan melakukan kerja-kerja organisasi yang seyogyanya diperhitungkan bagaimana ekonomi menjadi bagian tak terpisahkan dari tujuan organisasi dan di manage secara profesional.

“Saya berharap, semua persoalan yang terjadi di Karang Taruna Kabupaten Karawang bisa cepat selesai, karena jujur masyarakat sangat membutuhkan kehadiran Karang Taruna,” tutup Kang Emay. (dar)