KARAWANG, Spirit – Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari atau yang akrab disapa Kang Jimmy, benar-benar tanggap dalam menyikapi keluhan warganya. Meski hanya dengan laporan via medsos, Kang Jimmy langsung meninjau warga Karawang yang tengah menderita penyakit pembuluh darah dan jantung, Senin (8/10/2019).



Ia adalah Kanim (47 tahun) warga Desa Karanganyar, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. Dalam kondisi terbaring lemas, Kang Jimmy menjenguk dan memotivasinya. Ia pun berencana akan merawat Kanim dengan membawanya ke Bandung agar bisa ditangani lebih baik.

Sedangkan kepada wartawan, Ia juga menceritakan sakit yang dirasakannya. “Sudah bukan sakit lagi pak, sekarang lebih repot. Dulu sudah pernah dikuras sampai tujuh botol dan kembali seperti ini, malah tambah besar perut saya. Tapi Alhamdulillah, kang Jimmy tadi menawarkan perawatan. Saya mau dirawat, saya ingin sembuh. Hatur nuhun Kang Jimmy” ujar bapak tiga anak ini dengan mimik haru namun menyiratkan kebahagiaan.

Sementara itu, usai menjenguk dan keluar rumah, puluhan warga setempat langsung berkumpul, berswa foto ria, dilanjutkan dengan berdialog dengan Wabup Karawang. Tampak binar-binar bahagia yang juga terpancar dari wajah warga yang hadir.

“Saya dapat laporan lewat medsos lewat Kang Zakir, karena saya sendiri yang mengelola akun facebook, jadi bisa cepat saya tindaklanjuti. Agenda seperti ini memang sengaja saya sisihkan dari penghasilan saya, karena disitu ada haknya orang yang gak mampu,” ungkap Kang Jimmy.

Dalam kunjungan itu, Wabup Karawang juga didampingi oleh Kades Karanganyar Hendri Irawan dan Camat Klari Drs Mamat Rachmat serta sejumlah petugas dari dinas terkait. “Mangga mau tanya apa lagi,” sahut Kang Jimmy. Akhirnya dengan antusias warga menyampaikan sejumlah keluhan, diantaranya sulitnya mendapatkan pekerjaan dan merajalelanya bank emok (rentenir-red) hingga ke pelosok Karawang.

Dengan tanggap, Kang Jimny menjelaskan keluhan warga berikut solusinya. “Seharusnya Pemda itu menyimpan uang di bank supaya masyarakat tidak meminjam uang ke bank emok. Dan pihak bank dengan pemerintah membuat program pinjaman dengan bunga ringan dan pencairan yang mudah, cukup dengan KK dan KTP. Sehingga tidak ada lagi cerita warga Karawang yang terlilit bank emok,” ulas.

Sedangkan terkait sulitnya mendapatkan pekerjaan bagi masyarakat Karawang, Kang Jimmy juga menyampaikan solusinya. “Mungkin cuma Wabup Karawang yang mau mengumpulkan lamaran untuk anak muda Karawang yang ingin bekerja. Tapi karena kewenangan saya terbatas, dan maaf tidak bisa saya lanjutkan pembahasan ini khawatir ada pihak-pihak yang kurang berkenan,” terangnya.

Usai berdialog, Kang Jimmy menutup agenda itu dengan sholawat asghiel dan pantun jenaka. “Numpak angkot ka terminal, di Cilamaya ka Sukabumi. Anu kolot anu milenial, sadayana ngadukung Kang Jimmy janten bupati,” ujar Kang Jimmy disambut teriakan ‘cakeeep’ dari semua warga yang hadir. (ist)