KARAWANG, Spirit



Warga belajar Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Assolahiyah Cilamaya, Karawang, Jawa Barat, mengaku optimistis menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Paket B tahun pelajaran 2018-2019.

“Insyaallah kami siap dan optimis bisa mendapatkan nilai yang bagus. Kami telah mempersiapkan diri dengan belajar dan berdoa,” ujar salah satu warga belajar Paket B PKBM Assolahiyah Cilamaya, Melina Rahmawati Rahman, Kamis (9/5).

Ketua Yayasan Assolahiyah Cilamaya, Heru Saleh mengatakan, sesuai jadwal UNBK pendidikan kesetaraan Paket B akan dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 10 hingga 13 Mei 2019.

“Sebanyak 45 warga belajar PKBM Assolahiyah akan menjalani UNBK Paket B. Mereka terdiri dari 16 warga belajar perempuan dan 29 laki-laki,” ucap Heru yang juga menjabat sebagai ketua Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK-PKBM) Kabupaten Karawang ini.

Dijelaskan Heru, UNBK tahun ini menjadi gelaran ketiga bagi PKBM Assolahiyah. Akan tetapi, lanjut dia, pelaksanaan kali ini akan terasa spesial karena PKBM yang berlokasi di Jalan Tanjung Baru, Dusun Cilempung, Desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon mampu menggelarnya secara mandiri.


“Mudah-mudahan UNBK Paket B nanti berjalan lancar seperti pelaksanaan Paket C pada April lalu. Serta seluruh warga belajar bisa meraih nilai yang memuaskan. Apalagi kami telah melakukan berbagai persiapan seperti melaksanakan simulasi dan pemantapan,” jelasnya.

Ditambahkan Heru, dalam pelaksanaan UNBK nanti, PKBM Assolahiyah akan menggunakan satu ruangan dengan fasilitas komputer sebanyak 30 unit.

“Untuk pelaksanaanya akan di bagi ke dalam dua sesi. Mengenai mata pelajaran yang di UN-kan yaitu Bahasa Indonesia, matematika, Bahasa Inggris, pendidikan kewarganegaraan, ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial,” katanya. (ayi/dea)