Pelaksanaan pembinaan terkait dana BOS oleh Disdikpora Kabupaten Karawang

BANYUSARI, Spirit



Dalam rangka mengefektifkan dan meningkatkan program Biaya Operasional Sekolah (BOS), dinas pendidikan menggelar kegiatan pembinaan para Kepala SMP Negeri dan Bendahara BOS se-Komisariat Cilamaya, dipimpin langsung oleh Meneger BOS, Andi Laude, beserta tim dari Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang, di SMP Negeri 1 Banyusari, Rabu (24/1) pagi.

Dalam penuturannya pada awak media, Andi Laude, mengatakan, bahwa pembinaan ini diperlukan untuk penyegaran kembali tentang rekapan atau laporan Bantauan Operasional Sekolah. Selain itu agar para kepala sekolah dan bendahara lebih mampuh memahami sepenuhnya bagaimana cara membuat laporan Bantuan Operasional Sekolah.

“Kita coba melakukan pembinaan kembali, sehingga pendataan dan pelaporan kegiatan, juga aset-aset sekolah yang telah dibuat atau yang ada, dapat tertata dengan lebih baik lagi. Termasuk RKAS karena dalam pelaksanaan pelaporan ataupun kegiatan itu hanya kepala sekolah, bendahara, dan juga komite sekolah yang menandatangani semua berita acara bersama. Kita sebagai koordinator hanya memantau, kemudian memberikan pembinaan agar realisasi rekap serta pelaporan Bantuan Operasional Sekolah ini dapat lebih efektif dan lebih tertata sesuai dengan petunjuk tekhnis,” ungkapnya.

Dengan adanya pembinaan tersebut, lanjut Andi, kita menghimbau kepada para kepala sekolah dan bendahara, ke depan diharapkan semuanya dapat menyampaikan laporannya tepat waktu atau selambat-lambatnya pada tanggal 10 dari triwulan yang sudah dilalui, begitu selanjutnya sampai triwulan seterusnya.

Sementara itu, Ketua Komisariat Cilamaya, Tri Winarna, menambahkan, bahwa kegiatan ini hanya berlangsung untuk satu hari, tujuannya antara lain agar dana BOS harus benar dalam penggunaanya, secara efektif dan efisien serta mengacu pada petunjuk teknis. Sehingga pelaksanaannya tidak menuai persoalan.

“Ini merupakan agenda dari Dinas Pendidikan Kabupaten, hanya kebetulan tempatnya di SMPN 1 Banyusari, seterusnya akan berlanjut ke Komisariat lain yang ada di Kabupaten Karawang. Meliputi pembinaan administrasi buku kas dan buku umum serta spj. Jangan sampai sekolah terjadi kesalahan dalam administrasi. Sehingga terkesan tidaka ada pembinaan. Dan kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap tahun,” pungkasnya. (wan)