KARAWANG, Spirit – Dalam rangka menyambut HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) Indonesia ke-103, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang bersama Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan pada BPBD Kabupaten Karawang ikuti Upacara HUT Damkar Indonesia di Ruang Command Center Kantor Bupati Karawang.

 

Dalam upacara itu dipimpin oleh Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, DR. Safrizal Za, dan diikuti oleh Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh mewakili Bupati Karawang, Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang, H. Acep Jamhuri, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, H. Yasin Nasrudin, dan Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Rohmat.

“Hari ini 1 Maret 2022 bertepatan dengan hari pemadam kebakaran dan penyelamatan yang ke 103 tahun, lingkup wilayah Indonesia, jadi masing-masing daerah, provinsi, kabupaten/kota menyelenggarakan via zoom,” kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan pada BPBD Kabupaten Karawang, Rohmat, Selasa (1/3/2022).

“Tadi disampaikan dari pusat juga menyampaikan bahwa pemadam kebakaran lebih banyak penyelamatannya, bahkan lima kali lipat. Petugas Pemadam Kebakaran ini berkontribusi di masyarakat membantu masyarakat yang membutuhkan damkar jadi operasi non darurat kebakaran,” tambahnya.

Rohmat berharap, pada HUT Damkar Indonesia yang ke-103 ini, Damkar Kabupaten Karawang bisa dicintai oleh masyarakat luas khususnya di Kabupaten Karawang.

“Mudah-mudahan dengan usia Damkar yang ke 103 tahun ini bisa lebih dicintai lagi oleh masyarakat luas khususnya di Kabupaten Karawang umumnya di Indonesia Damkar bisa memberikan kontribusi pelayanan-pelayanan kepada masyarakat yang mana ini menyokong visi misi Pemkab Karawang,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, dalam menyemarakkan HUT Damkar Indonesia, pihaknya menggelar bakti sosial donor darah di Kantor BPBD Kabupaten Karawang.

“Kami mengadakan aksi donor darah untuk kemanusiaan, Alhamdulillah teman-teman dari Damkar begitu antusias. Selanjutnya juga ada pertandingan tenis meja atau pingpong sebagai ajang silaturahmi kumpul Damkar dari berbagai pos di Kabupaten Karawang yang Alhamdulillah mau berkontribusi dalam menyemarakkan HUT Damkar yang ke 103 tahun ini,” ujarnya. (diskominfo/red)