RENGASDENGKLOK, Spirit



Usai menjadi tuan rumah pusat kegiatan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Rengasdengklok, Pemerintah Desa (Pemdes) Kalangsuria langsung menggelar Hajat Bumi sebagai bentuk rasa syukur warga desa atas hasil panen dari kegiatan bertani mereka, Jumat (30/11).

Kepala Desa Kalangsuria, Lili Suherman mengatakan, Hajat bumi yang digelar pihaknya adalah kegiatan rutin tahunan yang telah turun temurun.


“Agak kecewa dengan ketidakhadiran Bupati dalam acara Gebyar Paten tadi, kita langsung lanjut dengan acara hajat bumi dengan menggelar pentas seni wayang golek. Karena memang sudah direncanakan,” katanya kepada awak media, Jumat (30/11) sore.

Masih menurutnya, gelaran hajat bumi tersebut selain telah dilakukan secara turun temurun, juga sebagai bentuk rasa syukur warga atas hasil yang didapat dalam bertani.

“Berharap setelah panen ini kedepannya mendapatkan hasil yang lebih melimpah dan juga berharap perhatian lebih dari pemerintah kabupaten kepada para petani di desa kami ini yang mayoritas penduduk disini adalah buruh tani,” pungkas Lili.

Sementara itu salah seorang tokoh masyarakat sekitar, Asep (46) mengatakan gelaran hajat bumi yang digelar Pemdes Kalangsari merupakan acara rutin yang kerap digelar pemerintah desanya.

“Gelaran acara hajat bumi ini memiliki inti mensyukuri atas apa yang telah didapat dan berharap ke depan lebih baik. Bersyukur dan berharap kepada sang Pencipta, kepada sang Maha Kuasa, Allah S.W.T,” tegasnya. (zul)