KARAWANG – Dua atlet Special Olympics Indonesia (SOIna) Kabupaten Karawang mewakili kontingen Jawa Barat berlaga dalam ajang Pekan Special Olympics Nasional (PeSONas) yang berlangsung di Semarang, Jawa Tengah, 3-8 Juli 2022.

Ketua Umum SOIna Kabupaten Karawang, Akhmad Dimyati mengatakan, dua atlet yang berjuang di PeSONas yaitu Tri Choerunisa yang bertanding dalam cabang olahraga (cabor) bulutangkis dan Anita Dwi Zahra dalam cabor atletik.

“Mereka berhasil mewakili Jabar setelah sebelumnya meraih prestasi membanggakan di tingkat Jabar,” ujar Dimyati, Senin (4/7/2022).

Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsika ini menyampaikan, keberhasilan atlet SOIna Karawang berlaga di kompetisi nasional bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya, atlet-atlet SOIna yang berdiri pada 2020 telah dua kali menembus ajang nasional dalam kejuaraan yang digelar PP SOIna.

“Alhamdulillah dalam dua ajang sebelumnya selalu menyumbangkan medali untuk Jawa Barat. Semoga kali ini atlet SOIna Karawang bisa kembali mengharumkan nama Karawang dan Jawa Barat di kancah nasional dengan meraih medali,” ucapnya.

Lebih lanjut Dimyati berharap, pemerintah bisa memperhatikan atlet-atlet SOIna Karawang yang sudah meraih prestasi dan juga yang akan bertanding.

“Karena hak anak disabilitas tunagrahita dalam prestasi olahraga sama nilainya dengan atlet normal pada umumnya,” katanya. (red)