KARAWANG, Spirit – Terus meningkatnya Tinggi Muka Air (TMA) sungai Citarum berdampak terjadinya banjir luapan di sejumlah wilayah di Kabupaten Karawang. Selain wilayah Kecamatan Rengasdengklok, banjir akibat luapan sungai Citarum pun terjadi di wilayah Kecamatan Batujaya dan Pakisjaya.

Hadir saat evakuasi warga korban terdampak di Desa Segaran dan Desa Telukbango, Kecamatan Batujaya, Anggota DPRD Kabupaten Karawang, dari Partai Golkar, Saidah Anwar meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum untuk segera memperbaiki tanggul sungai di sejumlah titik di Kabupaten Karawang yang rusak dan cukup mengkhawatirkan.

“Kerusakan tanggul di beberapa titik, terutama tanggul yang melintas di Desa Telukbango, Kecamatan Batujaya. Jika tak segera diperbaiki, khawatir tanggul rusak parah bahkan jebol dan mengakibatkan banjir yang lebih besar,” jelas Saidah Anwar sambil membagikan bantuan logistik kepada warga terdampak banjir.

Iapun meminta kepada Pemkab Karawang untuk menyediakan perahu karet di setiap kecamatan yang berpotensi banjir jika musim penghujan datang. Selain itu, karena telah menjadi siklus tahunan, banjir akibat luapan sungai Citarum ini.

“Pemkab juga harus memiliki alat atau sistem peringatan dini akan datangnya banjir. Untuk meminimalisir korban terdampak, masyarakat dapat diperingati terlebih dahulu dan dapat segera mengevakuasi diri,” katanya.

Selain lakukan evakuasi dan bagikan logistik kepada warga terdampak banjir di Desa Segaran dan Desa Telukbango, Kecamatan Batujaya, Anggota DPRD asal Dapil III tersebut pun melihat langsung warga terdampak banjir dan membagikan bantuan logistik di Desa Telukbuyung, Kecamatan Pakisjaya. (dar)