KARAWANG, Spirit – Kritikan dari Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang, yang menganggap Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang hambur-hamburkan uang dalam APBD Karawang tahun 2020, dengan besar anggaran sampai Rp.1,5 miliar untuk promosi pariwisata Karawang, membuat Pemerhati politik dan kebijakan pemerintahan Kabupaten Karawang, Andri Kurniawan angkat bicara menyikapi kritikan Komisi IV DPRD Karawang tersebut.



Menurutnya, seharusnya Komisi IV DPRD Karawang tidak langsung berstatement, dan menurutnya Komisi IV akan lebih bijak bila lebih dulu mengajak Disparbud melakukan presentasi atau berdiskusi, mencari tahu seperti apa dan bagaimana promosi dilakukan oleh Disparbud nantinya sehingga memakan anggaran sebesar itu.

“Jika saya baca pernyataan Kepala Disparbud Karawang di salah satu media massa. Alasan serta tujuannya sangat rasional, dan memang sangat di perlukan program promosi pariwisata Karawang,” katanya kepada spiritjawabarat.com, Minggu (9/11/2019) melalui sambungan telepon selularnya.

Masih menurutnya, Karawang memiliki potensi wisata yang sangat bagus, dari mulai potensi wisata laut, curug, sampai potensi wisata kepurbakalaan yang berada di situs candi Jiwa, Batujaya dan potensi wisata lainnya. Bahkan wisata religi pun Karawang tidak kalah dengan daerah – daerah lainnya.

“Selain persoalan infrastruktur, promosi juga dianggap sangat perlu. Karena bagaimana masyarakat Nasional, bahkan Internasional bisa mengetahui soal potensi wisata Karawang, kalau minim publikasi, dalam hal ini promosi,” jelasnya.

Ia pun memaklumi jika promosi pariwisata Karawang menelan anggaran mencapai Rp.1,5 miliar. Pasalnya untuk saat ini sudah tak ada lagi biaya promosi atau iklan yang bisa dilakukan dengan anggaran yang minim mengingat hal tersebut dilakukan dalam kurun waktu satu tahun.

“Dan untuk Kadisparbud Karawang, pak H. Okih Hermawan, saya sarankan jangan menyerah begitu saja. Pertahankan saja program promosi tersebut, jangan sampai di coret pada APBD Tahun Anggaran 2020. Saya secara pribadi siap mendukung langkah Kadisparbud Karawang,” tegasnya. (ist/dar)