KARAWANG, Spirit – Bentuk kepedulian dan upaya mengurangi beban masyarakat terdampak, BPC Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kabupaten Karawang berikan bantuan sembako di 4 titik sentral bencana banjir Karawang, Kamis (11/2/2021).

Saat memberikan bantuan Gapensi Karawang juga menemukan banyaknya saluran air yang tidak berfungsi yang disinyalir merupakan salah satu penyebab banjir.

“Ada fakta menarik dilapangan, Kami sebagai asosiasi jasa konstruksi menemukan fakta dilapangan, bahwa banyak saluran pembuangan yang rusak sebelumnya, ini juga menjadi PR Gapensi. Kami akan sampaikan kepada Dinas PUPR khususnya Bidang Pengairan untuk segera diperbaiki, karena memang saluran pembuangan ini banyak yang tersumbat, seharusnya kan pembuangan air itu langsung ke Sungai Citarum, selain itu masih banyak masyarakat yang membuang sampah ke sungai,” Ujar Ketua BPC Gapensi Karawang Deden Permana kepada spiritjawabarat.com.

Gapensi sebagai asosiasi jasa konstruksi, yang di isi oleh para pengusaha, kata Deden, memiliki kewajiban sosial kepada masyarakat, bukti kongrit atas prinsip tersebut Gapensi memberikan bantuan di 4 titik banjir Karawang.

“Tadi kita membantu korban banjir di daerah Anjun dekat bantaran Citarum tepatnya di RT 01 RW 08, kemudian di Anjun dekat pabrik es, Kelurahan Karawang Kulon, setelah itu kita ke Desa Sukamakmur dan terakhir di Desa Purwadana Kecamatan Telukjambe Timur,” ujarnya.

Deden juga berharap bantuan ini bisa sedikit meringankan beban para korban banjir. Ia juga mengajak masyarakat untuk saling bahu membahu menjaga alam Karawang, karena untuk menangani bencana banjir ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi juga masyarakat.

Kepala Desa Purwadana, Endang Heryana mengapresiasi bantuan dari Gapensi kepada masyarakatnya.

“Jangan kan memberikan bantuan kepada masyarakat Purwdana, dengan datangnya Gapensi ke Purwadana, kami sangat berterimakasih, dan semoga kebaikan ini dibalas oleh Allah, dan Gapensi semakin maju,” pungkasnya. (bal)