KARAWANG, Spirit – Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI Kabupaten Karawang miliki misi bangun Karawang dari berbagai sektor.

Sebagai respon terhadap era digitalisasi 4.0, disektor digital peran pemuda KNPI harus dominan, untuk merealisasikan tujuannya KNPI Karawang bekerjasama dengan PT. Wahana Internet Nusantara (Bnet).

CEO PT. Bnet Roberto Gustinov mengatakan, berdasarkan data yang dilansir dari Laporan Potret Sosial Ekonomi Badan Pusat Statistik Karawang memperlihatkan, 76% dari 2,44 juta penduduk Karawang merupakan usia muda.

“Agar terwujudnya desa digital yang dimana semua aktivitas kegiatan akan terdigitalisasi dengan baik, ekonomi berjalan dengan digital platform, desa dapat memanfaatkan digitalisasi secara maksimal,” Kata Roberto Gustinov.

“Sebagai contoh, administrasi pedesaan yang berbasis digital dan unit usaha ekonomi desa yang dirintis melalui situs platform digital e-dagang (e-commerce). Sebagai bentuk komitmen Bnet dalam berkontribusi terhadap masyarakat Karawang,” Katanya lagi.

Ia menambahkan, Bnet juga telah bekerja sama dengan pendidikan SMK Karawang dalam mengelola kelas industri untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang tersinkronisasi dengan kebutuhan di industri.

“Sehingga diharapkan lulusan lulusan SMK Karawang nantinya dapat memenuhi kualifikasi ataupun syarat syarat untuk mendapatkan lapangan pekerjaan lebih mudah di industri ketika sudah lepas sekolah,” Imbuhnya.

Menurut Roberto, Karawang dengan sejarah yang luar biasa, dikenal sebagai kota pangkal perjuangan Indonesia, Pemuda Pemudi kala itu menjadi penggerak perubahan menuju kemerdekaan Indonesia.

“Oleh karena itu kami percaya bahwa pemuda pemudi Karawang dapat menjadi penggerak perubahan untuk menuju Karawang yang lebih baik,” tutup Roberto.

Sementara itu Ketua DPD KNPI Karawang, Guntar Mahardika mengatakan, dalam rangka mendorong produk asli karawang sesuai arahan Pemerintah Daerah KNPI sebagai wadah kepemudaan berkolaborasi dengan Bnet baik itu dengan pemberdayaan atau pelatihan agar menciptakan sdm yang berkualitas.

“Melihat perkembangan zaman di era 4.0 yang dimana serba digitalisasi peran pemuda-pemudi harus bisa kompetitif dan produktif khususnya di kabupaten karawang,” Katanya.

Bnet merupakan startup asli Karawang yang dirintis sejak tahun 2010 oleh Roberto Gustinov dengan visi menjadi perusahaan penyedia jasa layanan internet dan teknologi informasi terdepan dan terpercaya, yang mampu memberikan solusi tepat pada kebutuhan teknologi informasi guna membantu masyarakat mendapatkan kehidupan yang lebih baik. (bal)