RENGASDENGKLOK, Spirit



Tindak lanjut atas rapat evaluasi Pilkades antara Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kalangsari dengan Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana kemarin, Senin (15/10) sore, BPD kembali lantik panitia Pilkades Kalangsari yang sebelumnya dikabarkan membubarkan diri, Selasa (16/10) siang.


Ketua BPD Kalangsari, H. Udin Saepudin mengatakan bahwa pembentukan kembali panitia Pilkades merupakan hasil rapat evaluasi tahapan Pilkades Kalangsari dengan Bupati, Cellica Nurrachadiana juga arahan untuk kembali kepada Pilkades yang berdasarkan peraturan.

“Setelah seluruh panitia mengundurkan diri, Bupati mengarahkan kepada BPD untuk membentuk panitia Pilkades kembali dengan saran ada keterwakilan dari setiap calon kades. Dan kami melaksanakan arahan tersebut dengan tujuan Pilkades Kalangsari dapat berjalan sesuai dengan aturan, lancar, dan aman,” jelas H. Udin kepada awak media, Selasa (16/10).

Dan dirinya pun mengakui bahwa apa yang telah terjadi di Pilkades Kalangsari akibat dari lemahnya pengawasan BPD atau lemahnya koordinasi antara BPD dan panitia Pilkades terdahulu.

“Karena kurang baiknya komunikasi dan koordinasi atara BPD dan Panitia Pilkades terdahulu. Dan berharap dengan terbentuknya kembali Panitia Pilkades yang baru ini, Pilkades Kalangsari dapat berjalan lancar, aman dan terkendali,” pungkasnya.

Sementara itu Sekertaris Camat Rengasdengklok, Sri R. disela-sela pelantikan Panitia Pilkades yang baru mengingatkan bahwa banyak pekerjaan yang menanti panitia Pilkades dalam lanjutan tahapan Pilkades Kalangsari.

“Saya meminta kepada panitia Pilkades untuk bekerja ekstra dalam mengejar jadwal tahapan Pilkades yang jelas telah tertinggal dan juga meminta kepada seluruh panitia untuk bersama-sama menyukseskan Pilkades Kalangsari,” katanya.

Ditempat yang sama Kapolsek Rengasdengklok, Kompol Suparno juga mengingatkan pada panitia Pilkades yang baru saja dilantik untuk dapat bekerjasama dan juga dapat bekerja semaksimal mungkin.

“Dapat bekerjasama dengan satu tujuan, satu komando dan diharapkan panitia Pilkades yang baru ini dapat bekerja sesuai dengan peraturan yang ada,” tegasnya.

Setelah dilantik panitia Pilkades pun langsung melakukan pemilihan ketua panitia dan menjadikan Onda Sunandar sebagai ketua panitia Pilkades Kalangsari. dan hasil pantauan awak media, panitia Pilkades Kalangsari langsung melakukan rapat pleno dengan menetapkan calon kades yang akan terus melaju dalam ajang Pilkades Kalangsari dengan beracuan pada peraturan yang ada, berdasarkan nomor urut, sebagai berikut:

1. Tetti Firdaos (incumbent)
2. Daenuri, yang sebelumnya tidak lolos
3. Aan Heryanto
4. Saprah
5. Imun Munandar

Sementara calon Kades yang sebelumnya bernomor urut 2, atas nama Aditya Mulya Nugraha, sesuai dengan peraturan yang ada harus menerima keputusan panitia Pilkades Kalangsari yang mengeliminasi keikutsertaannya dalam Pilkades 2018 ini. (zul)