KARAWANG, Spirit



Batalyon Infanteri Para Raider 305 Kostrad menggelar latihan penanggulangan huru hara (PHH) dalam rangka persiapan pelaksanaan pengamanan pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) 2019 di wilayah Kabupaten Karawang.

Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Para Raider 305 Kostrad, Mayor Inf Fajar Akhirudin, S.I.P., M. Si mengatakan, latihan PHH pemilu berlangsung tiga hari mulai 7-9 Februari 2019.

Rangkaian kegiatannya, lanjut Mayor Inf Fajar Akhirudin, diawali dengan briefing pada Kamis (7/2), sosialisai dari KPU, bawaslu dan kepolisian pada Jumat (8/2), kemudian drill taktis dan simulasi PHH pada Sabtu (9/2).

“Simulasi kami gelar bersama Polres Karawang, Kodim 0604 Karawang, Satpol PP, Damkar, FKPPI dan PMI di kawasan KIIC. Sengaja kami memilih lokasi tersebut karena termasuk kawasan vital di Karawang,” ujar Mayor Inf Fajar Akhirudin, Sabtu (9/2).


Dijelaskan Mayor Inf Fajar Akhirudin, tujuan digelarnya latihan PHH yaitu untuk melatih pasukannya dalam menangani dan menanggulangi huru hara yang kemungkinan terjadi dalam pelaksanaan pemilu.

“Segala kemungkinan bisa terjadi saat pemilu nanti. Jadi dengan adanya latihan ini, pasukan kami diharapkan bisa melakukan penanggulangan sesuai dengan prosedur. Tidak salah dalam bertindak,” ucap Mayor Inf Fajar Akhirudin.

Kendati demikian, Mayor Inf Fajar Akhirudin berharap, pemilu serentak yang akan berlangsung pada 17 April 2019 bisa berjalan dengan lancar.

“Mudah-mudahan, kondisi jelang pemilu, saat pelaksanaan pemilu, maupun pasca pemilu tidak terjadi masalah. Baik pemilu di Karawang khususnya dan Indonesia secara umum,” kata Mayor Inf Fajar Akhirudin. (ayi/dea)