KARAWANG, Spirit – Siswa SMAN 3 Karawang, Muhamad Rizaldy Putra Setiabudi terus menunjukan sinarnya dalam cabang olahraga sepakbola. Putra daerah Karawang ini pernah menyabet gelar pemain terbaik di China, konsisten menjadi top skor di ajang bergengsi, dan kini berhasil menembus skuat Persija U-16.



Pemain kelahiran Karawang, 02 Januari 2005 sukses menyabet gelar pemain terbaik di China dalam turnamen Gothia Cup China U-14 2019. Saat itu, penghargaan diraih setelah ia sukses mengantarkan timnya Top Skor Indonesia (TSI) menjadi juara.

Tak hanya itu, Putra yang terlahir dari pasangan Topan Setiabudi dan Holyness N. Singadimedja ini mampu menyumbangkan 5 gol sepanjang turnamen, termasuk satu gol pentingnya ke gawang Box Hill United SC Australia yang mengantarkan timnya unggul 3-1 di final.


Mengenai gelar top skor, pemain yang menimba ilmu di SSB Pangkal Perjuangan Karawang (2010-2011) dan SSB Putra Wirasaba Karawang (2012-sekarang) meraihnya dalam Liga Hansaplast TopSkor U-13 musim 2018-2019 dengan koleksi 21 gol. Sumbangan gol tersebut sekaligus mengantarkan timnya ISA Fossbi Trisakti keluar sebagai juara.

Musim 2019-2020 ini, adik dari M. Rizky Putra Setiabudi dan kakak dari M. Rizandra Wiraputra Setiabudi kembali memimpin daftar pencetak gol terbanyak sementara Liga Hansaplast TopSkor U-15 dengan 21 gol. Jumlah gol tersebut berhasil dicatatkannya sebelum kompetisi berakhir, atau baru menyelesaikan babak 8 besar.

Selain dua prestasi di atas, pemain yang mengidolakan Neymar dan Mbappe, sukses menembus skuat Persija U-16 untuk berlaga di kompetisi Liga 1 U-16 musim 2020. Siswa kelas X ini mampu menarik perhatian tim pelatih Persija U-16 setelah menjalani trial pada November 2019, kini ia pun telah resmi menandatanganai kontak berdurasi 2 tahun.

Hebatnya, saat menjalani TC bersama Persija U-16, Rizaldy mampu menampilkan performa apiknya saat berkolaborasi dengan pemain-pemain lainnya termasuk pemain Timnas U-16, Resa Aditya dan Raka, serta dengan anak dari legenda Timnas Indonesia, Firman Utina, yaitu Rayhan Utina. Terbukti, dari 3 uji coba menghadapi Persita U-16, Timnas Pelajar U-16, dan Persita U-18, Rizaldy berhasil mencatatkan 2 gol.

“Alhamdulillah, kami sebagai orang tua sangat bangga atas pencapaian Rizaldy. Apalagi ia bisa mewujudkan target menembus elite pro academy tim Liga 1. Semoga Rizaldy bisa konsisiten menampilkan performa terbaiknya, dan suatu saat nanti bisa lebih membanggakan Karawang dengan masuk serta membawa Timnas Indonesia berprestasi,” ujar Topan Setiabudi, ayah dari Rizaldy, Rabu (8/4/2020). (epn/dea)