KARAWANG, Spirit – Ribuan siswa SD dan SMP di Karawang, Besok, Kamis (16/6/22), rencananya bakal padati sejumlah lokasi di ibu kota kabupatennya, menyusul digelarnya Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2022 oleh pihak Disdikpora Karawang.

Selain itu juga tentang dunia seni bernama Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), serta Invitasi Olahraga Tradisional. Seluruh kegiatan digelar di sejumlah lokasi dan bakal berlangsung selama tiga hari hingga Sabtu (18/6/22).

Kabid Pemuda dan Olahraga (PO), H. Jaeni, MPd

Kabid Pemuda dan Olahraga (PO), H. Jaeni, MPd dan Kabid Dikdas Disdikpora Karawang, Dra. Hj. Yani Heryani, MM saat ditemui di lingkungan kantornya, Jalan Surotokunto, Karawang Timur, Rabu (15/6) siang, mengatakan dasar hukum digelarnya acara di antaranya UU No. 20 /2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Selain itu juga Program Kerja (Proker) Bidang PO Disdikpora Karawang, 2022.

Muatan dalam Proker Bidang PO itu yakni soal kapasitas daya saing keolahragaan lewat penyelenggaraan kejuaraan, dan pekan olahraga tingkat kabupaten/kota.

“Intinya, semua untuk peningkatan prestasi siswa atau peserta didik,” ujar H. Jaeni.

Dijelaskan bahwa jumlah kegiatan olahraga atau O2SN SD dan SMP sebanyak enam cabang olahraga (cabor). Yaitu Pencak Silat, Karate, Bulutangkis, Tenis Meja, Bola Voli dan Sepakbola Mini.

FLS2N sejumlah lima mata lomba yaitu Menyanyi Solo, Pantomim, Seni Tari, Cerita Bergambar, dan Kriya Anyam. Sedangkan invitasi olahraga tradisional sebanyak enam cabor yaitu Hadang, Dagongan, Sumpitan, Terompah Panjang serta Egrang.

Dari keseluruhan jenis kegiatan, jumlah peserta mencapai 2.250 siswa dan 810 official. Masing-masing untuk O2SN sebanyak 1.200 siswa dan 360 official, FLS2N 240 siswa dan 150 official, dan olahraga tradisional 810 siswa dengan 300 official.

Tentang lokasi pelaksanaan, H. Jaeni menyebutkan di GOR Panatayudha (Pencak Silat), Aula Kodim 0604 Karawang (Karate), GOR Resinda (Bulutangkis), GOR Disdikpora (Tenis Meja), Sporthall Adiarsa (Bola Voli Mini), dan Lapangan Sepakbola Poponcol (Sepakbola Mini).

“Dan invitasi olahraga tradisional di Lapangan Sumber Barokah Karawang,” tutup H. Jaeni

Sementara Hj. Yani Heryani sebagai penanggung jawab FLS2N, menjelaskan semua kegiatann digelar di lingkungan kantornya. “Khusus FLS2N, semuanya digelar di area kantor Disdikpora,” ujarnya. (dea)