Pawai Kirab Budaya HUT Karawang Hipnotis Ribuan Warga

KARAWANG, Spirit – Jawa Barat – Ribuan warga Karawang bersuka-cita. Semua berdecak kagum seolah terhipnotis, ketika menyaksikan gelaran pawai ‘Kirab Budaya HUT Karawang’ di kotanya, Jumat (16/9/2022).

Acara pawaI yang seolah menghipnotis warga itu dilangsungkan di sepanjang Jalan Tuparev hingga Alun-alun Kota. Acaranya sendiri dimulai lewat upacara tari adat pelepasan kirab yang dilakukan Bupati Karawang, dr Hj Cellica Nurrachadiana di Plaza Pemkab Karawang.

Setelah acara pelepasan, lalu diikuti seluruh unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Karawang. Muspida tersebut yakni Bupati Hj Cellica Nurrachadiana, Wakil Bupati H. Aep Syaepuloh, Kapolres AKBP Aldi Subartono, Dandim 0604 Letkol Kav Makhdum Habiburrahman, Kajari Martha Parulina Berliana.

Selain unsur muspida, di acara itu juga tampak Wakil Ketua III DPRD Anggi Rostiana Tarmadi, serta para kepala OPD di lingkungan Pemkab Karawang.

Di acara itu, Bupati Cellica menaiki kereta kencana yang telah dihias, sedangkan unsur muspida lain menaiki kuda. Semuanya lalu menyusuri jalanan dari perkantoran pemda hingga panggung utama di Alun-alun Karawang.

Dan sepanjang jalan itulah, ribuan warga menyemut dan berjejal menyaksikan. Mereka bahkan mengelu-elukan Bupati Cellica yang pada acara itu tampil anggun menawan.

Ketika sampai di panggung utama, segenap muspida menempati tempat duduk di atas panggung. Dan di atas panggung itulah semua menyaksikan pawai helaran budaya yang melibatkan puluhan komunitas.

Komunitas pawai helaran budaya itu terdiri dari Tari Goyang Karawang Lodaya, Sisingaan, Barongsai, Reog, Pencak Silat, Persatuan Artis Karawang, mobil hias dari kawasan industri, sajian kostum penampilan dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan sajian hiburan budaya lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Cellica menyebut Kirab Budaya ini merupakan tradisi saat Karawang berulang tahun. Selain itu, pawai tersebut juga bisa terlaksana berkat kolaborasi para pihak yang terlibat, sehingga bisa sukses dan menyedot animo warga yang demikian besar.

“Ini adalah kolaborasi semua pihak. Para OPD, BUMN, BUMD, kawasan industri, komunitas seni dan budaya, semua solid menyukseskan acara. Alhamdulillah,” ungkap Bupati bernada syukur dan bangga. (adv/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email