Baligo Kang Uu Ruzhanul Ulum di papan reklame di depan SPBU Darussalan Kotabaru.

KOTABARU, Spirit



Maraknya Alat Peraga Kampanye (APK) di ruas jalan raya Pantura Kotabaru-Jatisari kabupaten Karawang dipertanyakan warga. Meskipun tidak tertulis meminta dukungan politik di beberapa baliho di papan iklan reklame,namun keberadaan baliho Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum itu, menjadi perhatian warga. Pasalnya, terlihat tulisan di bawah foto Kang Uu terdapat kalimat yang terkesan adanya sosialisasi politik melalui sarana media ruang publik.

Menurut Yudi Wahyudi, tokoh masyarakat Kecamatan Kotabaru, adanya beberapa titik baliho Bupati Tasikmalaya di papan iklan reklame berukuran besar perlu dipertanyakan pajak reklamenya.

“Perlu dipertanyakan pajak reklamenya. Karena baliho tersebut berada di beberapa titik papan iklan,” katanya kepada Spirit Jawa Barat, Rabu (9/8).

Dikatakannya, selain baliho Kang Uu di wilayah Kota Cikampek, Kotabaru dan Jatisari, belum terlihat figur bakal calon Gubernur Jawa Barat yang terpasang di papan reklame iklan.

“Sepertinya basis massa di jalur Pantura yang kental aroma politik Dedi Mulyadi secara perlahan akan tergeser. Opini publik akan tertuju pada Uu Ruzhanul Ulum,” tandasnya.

Dia juga menjelaskan terkait adanya baliho Uu Ruzhanul Ulum di ruas jalan Pantura, pola pikir politik masyarakat jelang Pilkada Jabar 2018 kian tertuju pada sosok bakal calon gubernur dari kalangan santri.

“Buat masyarakat Karawang belum banyak mengenal sosok Kang Uu. Namun bertebarannya baligh di papan reklame besar akan mempengaruhi daya ingat publik terhadap bakal calon gubernur dari Partai Persatuan Pembangunan ( PPP ),” jelasnya.

Sementara terkait adanya beberapa titik baliho Uu tersebut, salah seorang fungsionaris Partai Persatuan Pembangun (PPP) Kabupaten Karawang dari Kecamatan Kotabaru yakni Ujang Rohendi mengaku tidak mengetahui secara jelas siapa yang memasangnya.

“Oh saya tidak tahu siapa memasang baliho Kang Uu. Biasanya menggunakan jasa periklanan kalau pemasangan baliho di papan reklame,” katanya

Meskipun Uu dari PPP, namun, kata dia, ke fungsionaris partai ke tingkat basis massa PPP di Kota Cikampek, Kotabaru dan Jatisari belum secara langsung mensosialisasikan diri dan menyapa basis massa PPP di Karawang.

“Belum turun ke basis massa para pendukung PPP. Sekali lagi saya tegaskan belum turun langsung menyapa basis simpatisan dan kader PPP Kabupaten Karawang,” pungkasnya. (not)