KARAWANG, Spirit – Masyarakat Kecamatan Tirtajaya, khususnya yang berada di wilayah Desa Sabajaya, tak perlu jauh-jauh mengajak anak-anaknya bermain. Pasalnya pemerintah Kecamatan Tirtajaya telah menyediakan tempat bermain anak di lingkungan kecamatan yang menerapkan konsep kantor ramah lingkungan dan anak tersebut.

Tempat bermain anak yang dikelilingi beragam tanaman tersebut kerap dimanfaatkan pengunjung kantor maupun warga setempat untuk mengajak anak-anaknya bermain.

 

Seperti yang dikatakan, Karnih (22) warga Dusun Jamantri, Desa Sabajaya, dirinya turut merasakan manfaat dari fasilitas tempat bermain anak tersebut, sehingga setiap sore dirinya kerap membawa anaknya bermain di lingkungan kecamatan.

“Sering ngajak anak kesini untuk main-main aja, dulu gak ada (tempat bermain) kaya gini,” jelasnya saat menemani anaknya bermain, baru-baru ini, Senin (24/08/2020).

Keberadaan tempat bermain di lingkungan kecamatan ini karena tidak adanya tempat bermain untuk anak di wilayah Tirtajaya. Seperti dikatakan Camat Tirtajaya, Agus Mufti, tentang alasan dirinya membuat taman bermain anak karena untuk memfasilitasi anak-anak sekitar maupun pengunjung kantor.

“Kedepan malah akan ada caffe (setiap) malam Minggu, jadi nanti ada layar untuk hiburan aja, dari pada anak-anak (remaja-red) nongkrong jauh ke Rengasdengklok,” katanya.

Taman bermain anak ini hanya dibuka di jam kerja kantor dan setalah itu anak-anak pun bubar dengan sendirinya. Untuk mengantisipasi terjadi hal yang tidak diinginkan oleh anak, para pegawai kecamatan pun turut memantau aktivitas anak-anak tersebut.

“Sementara ini belum ada (korban) dan jangan sampai ada, saya juga paling mengingatkan petugas pol PP untuk mengawasi anak-anak,” pungkasnya. (ist/dar)