MANFAAT RENANG BAGI LANJUT USIA

Oleh: Paysha Kaniadinanty
(Mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Singaperbangsa Karawang) 

ABSTRAK

Lansia mengacu pada penuaan dan penurunan fungsi fisik seseorang dan ditandai dengan penurunan massa dan kekuatan otot. Penurunan ini mempengaruhi berbagai jaringan, sistem organ dan fungsi, yang secara kumulatif dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Kemunduran struktur fungsi yang lebih tua dapat dicegah dengan pelatihan rutin. Artikel ini menyajikan manfaat berenang.Berenang adalah olahraga aerobik yang membantu meningkatkan VO₂max Anda dan menurunkan detak jantung istirahat Anda dan sebenarnya cocok untuk orang-orang dari segala usia, terutama untuk rehabilitasi, terapi, dan lansia. Lansia disarankan untuk memilih olahraga yang aman seperti bersepeda, senam, golf dan berenang. Berenang adalah olahraga ringan karena dilakukan di air. Olahraga ini tergolong aman untuk lansia karena tidak ada gerakan menyentak, setiap gerakan pukulan selalu berkesinambungan, selama berenang dapat digunakan untuk pengendalian pernafasan yang sangat baik untuk meningkatkan fungsi paru-paru.

Kata Kunci : Lanjut Usia, Manfaat Berenang dan dan Olahraga.

PENDAHULUAN

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia lanjut usia, seperti: Memberikan nutrisi sehat, aktivitas fisik, manajemen stres, dukungan sosial, pelatihan kognitif dan spiritualitas. Penguatan kekuatan fisik dengan meningkatkan kebugaran jasmani bertujuan untuk membantu lansia menjadi mandiri tidak hanya secara fisik, tetapi juga dalam aspek lain yaitu psikologi sosial dan ekonomi, sehingga ketergantungannya terhadap orang lain berkurang. Agar lansia berkompeten maka diperlukan aktivitas fisik, baik dalam aktivitas sehari-hari seperti membersihkan rumah maupun melalui olahraga. Berenang sendiri juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Berenang bisa dilakukan sesekali atau menjadi kegiatan rutin yang bisa mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh. Berenang dapat mengatasi banyak masalah fisik, mental dan sosial dalam kehidupan sehari-hari.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Jenis Lansia (lansia) Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lansia, yang dimaksud dengan “lansia” adalah penduduk yang berumur lebih dari 60 tahun. Menurut hasil prakiraan, proporsi penduduk lanjut usia dalam total penduduk akan meningkat menjadi 9,77 persen pada tahun 2010 dan 11,34 persen pada tahun 2020. World Health Organization (WHO) mendefinisikan usia 65 tahun menunjukkan proses penuaan yang sebenarnya dan seseorang dikatakan sudah tua (Akhmadi, 2009:

1. Penuaan adalah proses di mana kemampuan jaringan untuk memperbaiki dirinya sendiri dan mempertahankan struktur dan fungsi normal secara perlahan hilang. Proses penuaan disebabkan oleh faktor biologis, terjadi secara alami, permanen dan terus-menerus, yang dapat menyebabkan perubahan anatomis, fisiologis, biokimia pada jaringan yang sedang tumbuh dan pada akhirnya mempengaruhi fungsi, kemampuan tubuh dan pikiran.

Manfaat Berenang Sebagai Terapi Bagi Lansia

 Berenang merupakan olahraga air yang sangat digemari oleh semua orang karena semua gerakannya melibatkan hampir semua otot yang sedang tumbuh sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan menjaga bentuk tubuh. Ada banyak teknik dasar berenang yang merupakan elemen penting dalam berenang, salah satunya adalah kemampuan untuk meningkatkan VO₂max dan menurunkan detak jantung istirahat Anda. Olahraga ini hanya bisa dilakukan dengan senam aerobik di kolam renang yang tidak memberikan tekanan tambahan pada persendian, tulang, dan otot. Kondisi di dalam air tanpa tekanan dapat menghilangkan cedera yang kadang-kadang dapat terjadi selama latihan olahraga di darat.Olahraga aerobik sangat cocok untuk orang dengan masalah persendian, tulang, otot, cedera, lansia, dan ibu hamil. Aerobik merupakan olahraga yang dilakukan secara terus menerus dan menurut Garrison, 2001, kebutuhan oksigen tetap dapat dipenuhi melalui pertumbuhan dan kecepatan.

Dua karakteristik latihan aerobik adalah :

(1) Olahraga ini memberikan gerakan fisik yang cukup untuk membuat tubuh Anda bekerja setidaknya selama 20-30 menit setiap latihan.

 (2) Olahraga ini menawarkan kegiatan yang sangat menarik sehingga Anda ingin mengulanginya lagi dan lagi. masa depan Nilai VO₂max biasanya digunakan sebagai indikator untuk menentukan kapasitas aerobik, dimana kapasitas aerobik erat hubungannya dengan sistem kardiovaskular dan sistem pernapasan dalam menyediakan oksigen dan kemampuan/1-1 menggunakan oksigen tersebut dalam tubuh. terapi fisik sangat penting selama pelatihan untuk meningkatkan VO₂, Max. Bentuk latihan yang cocok untuk terapi fisik terutama adalah latihan untuk meningkatkan VO₂.

Berikut beberapa manfaat berenang sebagai terapi penyakit dalam yang banyak diderita oleh orang yang malas bergerak (Tamyiz, 2008:

1. Obesitas

Aktivitas fisik berupa berenang juga bisa membakar kalori. Energi yang dibutuhkan meningkat secara otomatis, sehingga sekitar 24% kalori tubuh dapat dibakar secara efisien. Saat berenang, tubuh membakar kalori, sehingga langsung membakar lemak.

2. Nyeri Sendi

berenang dapat mengurangi risiko cedera sendi terutama pada lutut dan pergelangan kaki pada orang yang kelebihan berat badan atau mengalami gangguan sendi. Ini umum terjadi pada paruh baya, lanjut usia, dan lanjut usia, terutama mereka yang tidak berolahraga.

3. Kardiovaskular

Sebagai olahraga aerobik, berenang menyehatkan paru-paru dan membuat persendian menjadi lebih lentur, terutama di bagian leher, bahu, dan pinggul karena bagian-bagian tubuh ini bergerak.

4. Asma

merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat menimbulkan kecacatan (disability) pada yang terkena. Begitu penderita asma terpapar bahan pemicu alergi, mereka langsung mengalami gangguan pernapasan. Banyak faktor penyebab serangan asma, seperti lingkungan, alergen (alergi), infeksi pernafasan dan polusi udara. Berenang sangat dianjurkan, terutama untuk anak penderita asma. Gerakan teratur dan berirama membantu menstabilkan pernapasan.

5. Masalah mental

Olahraga minimal 10 menit setiap hari membuat mental Anda lebih sehat, menjernihkan pikiran, mengurangi stres dan memicu perasaan bahagia.

Menurut Daniel Landers (dalam Muchammad Tamyiz, 2008: 6-7), profesor pendidikan olahraga dari Arizona State University mengungkapkan empat manfaat olahraga renang yaitu sebagai berikut :

1. Peningkatan kekuatan otak

Olahraga teratur meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan mental. Ini karena berenang dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan meningkatkan aliran darah ke otak.

2. Kurangi stres

Olahraga renang dapat meningkatkan fungsi jantung dan membuat tubuh lebih cepat mengatasi stres.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Berolahraga walaupun tidak dalam jangka waktu yang lama, namun seringkali dengan cara yang santai sehingga aktivitas meningkatkan hormon seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorfin, dan osteoporosis sering terjadi seiring bertambahnya usia. Untuk mencegah atau mengurangi efek osteoporosis, penting untuk menjaga pola makan yang teratur.

Aktivitas kebugaran Jasmani Bagi Lanjut Usia

Semua olahraga yang pada prinsipnya dapat dilakukan oleh orang tua, asalkan olahraga tersebut telah dilakukan secara rutin sejak kecil. Namun, untuk alasan keamanan, para ahli merekomendasikan olahraga aerobik seperti jalan kaki, senam, dan berenang. Berenang adalah olahraga terbaik karena merupakan area dengan risiko atau risiko cedera paling rendah. Saat kita berenang, tubuh kita mengapung, yang mengurangi tekanan berlebih pada persendian dan tulang.sebelum pelatihan olahraga para lansia terlebih dahulu untuk melakukan tes dan pengukuran dilakukan untuk mengukur kondisi fisik.

Langkah-langkah latihan untuk kebugaran fisik

1. Lakukan pemanasan

Pemanasan tujuannya adalah mempersiapkan  tubuh siap dalam melakukan aktivitas fisik yang lebih intens dari biasanya.

2. Kondisioning

Setelah pemanasan cukup dilanjutkan dengan tahap latihan yaitu melakukan variasi gerakan dengan model latihan sesuai dengan tujuan program latihan, misalnya jogging untuk meningkatkan daya tahan paru dan jantung atau untuk membakar lemak, latihan peregangan untuk meningkatkan mobilitas sendi dan latihan berat untuk kekuatan otot dan ketahanan. Latihan ini berlangsung sekitar 20-30 menit atau tergantung tujuan latihan yang dilakukan.

3. Penenangan

Penenangan merupakan fase yang sangat penting dan perlu, yang tujuannya untuk membangun kebugaran pra-latihan melalui serangkaian latihan peregangan dan aerobik ringan seperti berjalan di tempat atau jogging ringan.

METODE

Yang digunakan yaitu metode studi pustaka yang di lakukan dengan cara mempelajari referensi- referensi artikel,dan browsing internet serta literature riview yang berhubungan dengan analisis system.

KESIMPULAN

Olahraga renang selain relaksasi, berenang juga berfungsi sebagai terapi untuk masalah kesehatan. Anda dapat berenang dalam kelompok manula jika persyaratan keselamatan terpenuhi. Manfaat berenang bagi lansia antara lain menjaga kondisi fisik dan rehabilitasi berbagai kekurangan fisik. Dengan demikian, kelompok lansia diharapkan mampu melakukan aktivitas sehari-hari secara optimal. Hal ini berbeda dengan persepsi umum di masyarakat bahwa lansia  harus banyak istirahat, tenang, tidak banyak bekerja dan tidak berolahraga. Mengetahui dan memahami renang dapat meningkatkan pemahaman tentang manfaat berenang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email