KARAWANG, Spirit – Sejak awal tahun 2020, Indonesia dilanda pandemi Covid-19 sehingga Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang menjadi bagian dari Tri Dharma, dilaksanakan full secara daring/online yang sebelumnya kegiatan KKN pada masa normal selalu dilakukan dengan cara menerjunkan mahasiswa langsung ke desa-desa sasaran sehingga dapat berinteraksi dengan masyarakat.

Tahun 2021, wabah Covid-19 khususnya di Kabupaten Karawang masih belum terkendali, terlebih lagi dalam minggu-minggu terakhir ini kondisinya semakin mengkhawatirkan. Karawang masuk ke dalam salah satu Zona Resiko Tinggi (Zona Merah) Covid-19 di Jawa Barat.

Membuat kegiatan KKN Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang tahun 2021 dilakukan masih secara online. Dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dengan arahan para pimpinan universitas dan masukan dari stakeholder. Kegiatan ini melibatkan semua unsur civitas akademika dari pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan yang tergabung dalam Susunan Kepanitiaan dan dikukuhkan melalui SK Rektor No. 055/R/SK/2021.

Ketua koordinator tim KKN Desa Kemiri, Kecamatan Jayakerta, Rivaldi (sapaan akrab) telah merancang sejumlah program yang akan dikerjakan hingga 31Juli 2021 mendatang. Di antaranya membantu Pemerintah Desa untuk menginput/mengupdate data Prodeskel di Desa Kemiri, sosialisasi secara online dan edukasi masyarakat.

“Sosialisasi tentang pengetahuan cara penggunaan, penjualan/narketplace secara E-commerce yang bertujuan untuk peningkatan penjualan pelaku UMKM secara online/digital, kemudian pembuatan handsanitizer dan disinfektan yang akan dibagikan ke masyarakat melalui pemerintah desa,” jelas Rivaldi.

Sementara itu, penasehat Tim sekaligus humas, Riki Hermawan mengatakan tema KKN saat ini adalah berhubungan dengan pemulihan ekonomi masyarakat (‘Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan Di Era New Normal’), maka fokus kegiatan KKN kali ini untuk membangkitkan atau memulihkan UMKM yang ada di Desa Kemiri, Kecamatan Jayakerta.

“Kami bersama pihak desa beserta instansi terkait akan bersinergi bersama-sama untuk ikut serta dalam membangkitkan kembali UMKM dan mendukung pemerintah setempat untuk penanggulangan Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini,” jelasnya.

Untuk informasi lengkap mengenai KKN dari UBP Karawang 2021, Pihak Universitas menyiapkan portal resmi yang dapat diakses melalui http://kkn.ubpkarawang.ac.id. (ist)