KARAWANG, Spirit – Salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat yang bertujuan untuk membantu kegiatan masyarakat di desa tertentu dalam kegiatan sehari-hari di berbagai bidang, Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang, di Desa Bengle, Kecamatan Majalaya lakukan sejumlah program kerja. Salah satunya adalah membantu UMKM di desa tersebut.

Masa pandemi Covid-19 bukan suatu hal yang mudah dilalui, pandemi ini membuat banyak pedagang dan pengusaha mengalami penurunan dalam produksi dan penjualan.

KKN mahasiswa UBP Karawang terasa sangat membantu para pedagang untuk mengembangkan usahanya, dan juga membantu dalam hal lain yang memberikan manfaat bagi UMKM di Desa Bengle.

Salah satu UMKM yang dibina oleh mahasiswa KKN UBP Karawang adalah “Mamayu” yang merupakan sebuah usaha rumahan yang membuat kue dengan sistem penjualan online.

“Saya sangat senang dikunjungi oleh adik-adik ini, dan dibimbing untuk terus berkembang usahanya. Sangat bermanfaat terutama dalam perhitungan jual/beli, produksi, dan terlebih saya dibuatkan logo untuk produk saya. Terimakasih banyak,” ujar Ibu Nadhira pemilik usaha “Mamayu”, baru-baru ini.

Masih menurut Ibu Nadhira, ia berharap mahasiswa KKN UBP Karawang akan lebih baik dalam menimba ilmu dan lebih bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga dari hasil UMKM, produk saya bisa dikembangkan lagi atau bisa jadi kebaikan untuk kuliah kedepannya. Semoga ilmu yang diberikan adik-adik kepada UMKM saya bermanfaat dan UMKM saya bisa berkembang. Dan adik-adik lebih bisa membantu untuk banyak UMKM” harapnya.

Selain itu, “Lemon Sereh” yang merupakan sebuah usaha rumahan minuman herbal dengan system penjualan dikirim ke pabrik atau dititipkan di warung-warung serta media online.

“Pembinaan dari adik-adik mahasiswa dalam kegiatan KKN ini sangat bermanfaat bagi saya, karena telah membantu saya dalam mengembangkan produk saya, dengan dibuatkan logo yang lebih bagus dan dibuatkan media online untuk menjual produk saya. Terimakasih adik-adik KKN karena ilmu nya bermanfaat sekali” ujar pemilik usaha lemon sereh.

Ia pun berterima kasih kepada mahasiswa KKN yang telah mengajarkan banyak hal untuknya dalam rangka mengembangkan usaha “Lemon Sereh” ini.

“Semoga jalinan silaturahmi ini bisa terus berlanjut, adik-adik KKN bisa lebih banyak memberi ilmu bagi UMKM lain dan bermanfaat untuk banyak orang yang membutuhkan ilmu adik-adik,” tutupnya. (ist/dar)

http://kkn.ubpkarawang.ac.id