Keselamatan Olahraga Renang

Oleh: Muhamad Farid

Abstrak

Latar belakang masalah penelitian tentang K3 di kolam renang dapat menjamin keselamatan kerja bagi karyawan dan kenyamanan bagi pengunjung. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kolam renang di Kota Semarang tahun 2017?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengkaji K3 kolam renang di Kota Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian 4 kolam renang di Kota Semarang. Sasaran subjek penelitian: 1) manager kolam renang, 2) pemilik kolam renang 3) pengunjung kolam renang, sasaran objek penelitian: tingkat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kolam renang di Kota Semarang. Metode pengumpulan data berupa observasi: pengamatan langsung, wawancara, penelusuran dokumen, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data melalui triangulasi.

Pendahuluan

Bagi orang yang sama sekali belum dapat berenang sangat Dilarang untuk berenang sendirian tanpa adanya pengamatan. Pada kolam renang yang dangkal pun, yang apabila orang Tersebut berdiri, tinggi permukaan air hanya setinggi pinggang Saja sudah dapat menenggelamkan apabila belum dapat Menguasai diri di air. Sehingga untuk membuat badan ke posisi Berdiri dari posisi terjatuh sulit dilakukan, hal ini disebabkan Tidak dapat menjaga keseimbangan. Saat bergerak di air Keseimbangan adalah hal penting yang perlu dipertahankan. Kecelakaan di air mungkin saja dapat terjadi, misalnya terjadi Benturan satu-sama lain pada bagian kepala, sehingga terjadi hilang kesadaran yang terjadi sesaat saja. Sehingga apabila Berenang dalam kondisi kolam yang ramai harus lebih berhati-hati.

Keselamatan di Air


Keselamatan di air sangatlah penting dan utama dan harus diciptakan baik dalam kegiatan di air maupun dalam olahraga renang. Resiko atau insiden yang paling berat adalah tenggelam di air, hal ini juga dapat terjadi pada orang yang sudah dapat berenang seperti yang diungkapkan oleh orang yang sudah paham dengan olah raga renang. Terlebih bagi orang yang belum dapat berenang, resiko kecelakaan maupun tenggelam sangat besar kemungkinan untuk terjadi.Pemahaman terhadap keselamatan aktivitas air ini sangat penting sekali baik bagi yang sudah dapat berenang maupun yang sedang belajar berenang. Mengingat pula, hakikatnya air bukanlah tempat hidup manusia selayaknya ikan.

Fakta-fakta yang mempengaruhi keselamatan di air:

  1. orang yang sama sekali belum dapat berenang
  2. terjadi kelalaian saat berenang
  3. terjadi kecelakaan seperti terbentur di dalam air
  4. terjadi kram otot pada saat berenang
  5. terjatuh di kolam renang
  6. kondisi fisik perenang yang tidak prima
  7. perenang menderita penyakit tertentu seperti epilepsi.

Tidak dapta bernafas di dalam air secara normal dan leluasa. Terlebih lagi ketika proses pengambilan nafas yang tentunya Tidak dapat dilakukan di dalam air karena hidung dan mulut Akan kemasukan oleh air. Dengan demikian memberikan Pembelajaran renang didahului dengan memberikan materi Pernafasan di air sangatlah penting.

Langkah-langkah penyampaian pernafasan di air dapat Dilakukan dengan cara sebagai berikut:
a. Siswa diminta untuk melakukan pernafasan secara Teratur di darat terlebih dahulu dengan aba-aba atau Tanda yang diberikan oleh pelatih. Aba-aba diberikan Untuk memberi tanda kapan saatnya mengambil nafas Dan kapan saatnya harus menghembuskan nafas secara Teratur. Hal demikian dilakukan agar kebutuhan oksigen Dalam tubuh untuk proses pembakaran dapat mencukupi Dan pengeluaran nafas sebagai hasil sisa proses Pembakaran dapat dikeluarkan.
b. Kemudian setelah bisa dikerjakan di darat, cobalah cara Ini dikerjakan di tempat/kolam yang dangkal atau kolam Renang yang memungkinkan siswa dapat berdiri. Pertama-tama ambillah udara melalui mulut kemudian Tutup mulut dan masukkan bagian wajah ke permukaan Air, setelah beberapa saat secara perlahan buanglah nafas Melalui hidung. Ulangi aktivitas ini secara berulang-ulang Dan apabila memungkinkan mencapai 50-100 kali. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email