Manfaat Renang Gaya Punggung pada Sekolah Menengah Pertama

Oleh: Sri Rahayu
Universitas Singaperbangsa Karawang

PENDIDIKAN Jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan pada umumnya dan mempengaruhi kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor siswa melalui aktivitas fisik. Melalui aktivitas fisik, anak memperoleh berbagai pengalaman hidup, seperti kecerdasan, emosi, perhatian, kerja sama, keterampilan, dll. Pendidikan jasmani merupakan bagian penting dari proses pendidikan. Dengan kata lain, pendidikan jasmani bukan sekedar pajangan atau dekorasi yang melekat pada program sekolah untuk menyibukkan anak. Tetapi pendidikan jasmani adalah bagian penting dari pendidikan. Dengan bantuan pendidikan jasmani yang dipandu dengan baik, anak-anak mengembangkan keterampilan yang berguna untuk mengatur waktu luang mereka, untuk kegiatan yang mendorong perkembangan hidup sehat, untuk perkembangan sosial dan untuk kesehatan fisik dan mental mereka. Oleh karena itu pendidikan jasmani sangatlah penting seperti pendidikan yang lainnya. Pendidikan jasmani memiliki perbedaan dengan olahraga, kita bisa lihat dari setiap tujuannya. Dari tujuan pendidikan jasmani yaitu untuk pengembangan anak secara menyeluruh artinya meliputi aspek organic, motorik, emosional, dan intelektual juga untuk memberikan edukasi tentang pengetahuan dalam memahami gerak pada manusia, sedangkan tujuan dari olahraga yaitu memiliki kemampuan karakteristik pada pengembangan aspek kinerja motorik yang dikhususkan pada cabang olahraga tertentu. Contohnya olahraga renang.

Renang adalah gerakan berpindah tempat secara teratur di air dengan cepat menggunakan tangan dan kaki. Olahraga renang dibagi menjadi 4 gaya yaitu, gaya bebas, gaya punggung, gaya dada dan gaya kupu-kupu. Renang merupakan bentuk aktivitas yang merupakan kombinasi dari berbagai aktivitas aquatik yang berbentuk gaya. hal ini sesuai dengan pendapat Supriyanto dalam Kurniasari (2010: 1) merupakan aktivitas yang dilakukan di air dengan berbagai macam gaya yang sudah sejak lama dikenal banyak memberikan manfaat kepada manusia, contohnya renang gaya punggung pada siswa sekolah mengah pertama. Renang gaya punggung adalah satu-satunya jenis gaya renang yang dilakukan dalam posisi telentang alias menghadap permukaan air dengan punggung sebagai tumpuannya. Sebelum melakukan renang gaya punggung, sebaiknya mengetahui teknik dasarnya terlebih dahulu, seperti:

• Tubuh harus horizontal dan setegak mungkin, dengan kepala sejajar, mata melihat ke atas dan tetap stabil.
• Tendangan kaki yang konsisten berasal dari pinggul dan tetap dalam lebar tubuh.
• Jari-jari kaki meruncing ke depan dengan pergelangan kaki rileks, dan lutut sedikit menekuk pada setiap tendangan.
• Tekuk lutut akan memberikan kekuatan pada tendangan awal, dan diakhiri saat jari-jari kaki memecah permukaan air.
• Tangan mengayun ke dalam air dengan jari kelingking terlebih dahulu, dan putar ke belakang kepala hingga kembali ke bawah air. Pastikan lengan selalu berdekatan dengan telinga saat memutar.
• Lengan tetap lurus dan jari-jari rapat, terutama saat berada di dalam air.
• Tendangan kaki dan ayunan gerakan lengan harus bersamaan sambil mempertahankan posisi kepala tetap stabil.
• Semua teknik dilakukan terus menerus, stabil, dan santai.

Adapun manfaat dari renang gaya punggung untuk siswa SMP yaitu (1)Meningkatkan kekuatan otot, renang gaya punggung melibatkan otot-otot besar di tubuh, termasuk otot-otot punggung, bahu, dan lengan. Latihan rutin dapat membantu meningkatkan kekuatan otot dan kekuatan tubuh secara keseluruhan (2)Meningkatkan fleksibilitas. Gerakan renang gaya punggung yang terus-menerus membantu membentuk fleksibilitas di seluruh tubuh anak. Hal ini juga dapat membantu mencegah cedera pada otot dan sendi. (3)Meningkatkan koordinasi. Renang gaya punggung melibatkan koordinasi antara gerakan kaki dan gerakan lengan. Latihan rutin dapat membantu anak memperbaiki koordinasi dan keseimbangan tubuh. (4)Meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, olahraga renang gaya punggung dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru anak, karena melatih pernapasan dan meningkatkan sirkulasi darah di seluruh tubuh. (5)Meningkatkan konsentrasi, Latihan renang gaya punggung dapat membantu anak meningkatkan konsentrasi dan fokus, karena memerlukan perhatian penuh untuk melakukan gerakan yang tepat.

Dengan banyak manfaatnya tersebut, renang gaya punggung dapat menjadi olahraga yang sangat bermanfaat bagi anak SMP. Namun, sebelum anak melakukan latihan renang, pastikan anak dilengkapi dengan peralatan yang aman dan diawasi oleh pelatih atau orang dewasa yang berpengalaman dalam renang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email