BHL

KARAWANG, Spirit

Pemkab  berencana membuka akses jalan menuju sejumlah objek wisata yang berada di wilayah pesisir utara daerah ini. Pembangunan Jalan Lingkar menuju Kecamatan Batujaya, untuk memudahkan wisatawan menuju objek wisata Pantai Tanjungpakis. “Potensi wisata di daerah pesisir utara sekitar Kecamatan Batujaya dan Pakisjaya cukup bagus. Jadi perlu dibuka akses jalannya,” kata Penjabat Bupati Karawang, Deddi Mulyadi, di Karawang, kemarin.

Ia mengatakan, pembangunan Jalan Lingkar menuju Kecamatan Batujaya bertujuan untuk memudahkan wisatawan menuju objek wisata Pantai Tanjungpakis. Selain itu, juga bisa membuka potensi wisata baru, yakni Pulau Putri yang berlokasi di Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakisjaya.

Seiring dengan pembangunan Jalan Linkar tersebut, lanjut dia, akan terbuka pula akses menuju objek wisata lainnya seperti objek wisata kawasan Candi Batujaya. Ia mengakui pembangunan Jalan Lingkar di wilayah pesisir utara Karawang kini masih tahap perencanaan. Selanjutnya akan dilakukan pengkajian secara matang di organisasi perangkat daerah teknis.

Sementara itu, selama ini objek wisata Pantai Tanjungpakis yang berlokasi di Kecamatan Pakisjaya selalu ramai pengunjung saat hari-hari libur, termasuk libur akhir pekan.

Tetapi pengunjung objek wisata tersebut hanya berasal dari Karawang serta berasal dari daerah “tetangga” Karawang, seperti Bekasi dan Purwakarta. Itu terjadi karena akses menuju objek wisata Pantai Tanjungpakis kurang bagus.

Begitu juga dengan objek wisata kawasan Candi Batujaya yang berada di Kecamatan Batujaya, hampir setiap akhir pekan banyak didatangi pengunjung. Termasuk pengunjung dari kalangan pelajar. (ant)